KESALAHAN SISWA KELAS VII /9 SMPN 1 LUBUKLINGGAU DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA BILANGAN BULAT DAN ALTERNATIF PENYELESAIANNYA

Nurlianah, Nurlianah and Wahyu , Widada and Ilham , Abdullah (2015) KESALAHAN SISWA KELAS VII /9 SMPN 1 LUBUKLINGGAU DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA BILANGAN BULAT DAN ALTERNATIF PENYELESAIANNYA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-nur-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-nur-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini ber tujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII/9 SMPN 1 Lubuklinggau dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada bilangan bulat serta untuk menghasilkan alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrument, soal tes diagnostik dan pedoman wawancara. Informasi dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, triangulasi data dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui jawaban siswa dalam tes soal pemecahan masalah pada bilangan bulat. Setelah data terkumpul dilakukan reduksi data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan tahapan-tahapan (1) Reduksi data. (2)Penyajian data (3) Menarik Kesimpulan. Berdasarkan analisis data, penelitian memberikan kesimpulan : (1) Kesalahan pada langkah pemahaman soal sebanyak 23,22 % , Langkah perencanaan strategi sebanyak 71,38 %, Langkah penyelesaian rencana sebanyak 87,90 %. (2). Faktor-Faktor penyebab kesalahan Subjek dalam menyelesaikan masalah matematika pada bilangan bulat adalah : Cenderung ingin menjawab singkat, terburu-buru, kurang teliti membaca soal, tidak membaca soal secara berulang-ulang, tidak mengetahui konsep yang akan digunakan yang berhubungan dengan soal, tidak paham prosedur penyelesaian, tidak menguasai konsep dasar, tidak menguasai konsep yang berhubungan dengan soal, kesalahan dalam perhitungan, lupa konsep, keliru, tidak terbiasa membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 06 May 2015 15:23
Last Modified: 06 May 2015 15:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10831

Actions (login required)

View Item View Item