PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA APARATUR DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BIRO UMUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI BENGKULU

Efrizal, Yozi and Panji , Suminar and Achmad , Aminudin (2015) PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA APARATUR DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BIRO UMUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-yoz-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-yoz-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sumberdaya aparatur dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu. Kualitas Sumberdaya Aparatur dilihat dari dimensi pengetahuan dan profesional karyawan, pendidikan, pengalaman, pengalaman analisis, inovasi dan kreatifitas. Kemudian Disiplin Kerja para pegawai di Biro Umum Setda Provinsi Bengkulu dilihat dari dimensi kedisiplinan terhadap waktu, tingkat kesadaran dan kesedian pegawai untuk melaksankan pekerjaan, dan ketaatan terhadap peraturan/norma-norma kepegawaian. Sedangkan Kinerja Pegawai dapat diketahui dari dimensi kualitas kerja, kepribadian dan prestasi kerja yang ditunjukan melalui tingkat pencapaian tujuan, ketepatan penggunaan sarana dan prasarana, komunikatif/kerjasama dan memanfaatkan waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur uji statistik sebagai berikut: regresi linier berganda, korelasi product moment, dan korelasi ganda, dengan metode penetapan sampel menggunakan simpel random sampling jumlah responden sebanyak 145 orang terdiri dari pejabat struktural 17 orang dan staf sebanyak 210 orang. Hasil penelitian yang dilaksanakan di Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Adanya pengaruh yang signifikan/positif antara kualitas sumber daya aparatur terhadap kinerja pegawai. Tingkat hubungan antara variabel kualitas sumber daya aparatur terhadap kinerja pegawai pada tingkat hubungan yang kuat. 2. Adanya pengaruh yang signifikan/positif antara disiplin kerja terhadap kinerja pegawai. Tingkat hubungan antara variabel disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada tingkat hubungan sedang. 3. Adanya pengaruh yang signifikan/positif antara kualitas sumber daya aparatur dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai dengan kecenderungan arah positif. Artinya semakin tinggi kualitas sumber daya aparatur seseorang dengan didukung oleh disiplin kerja akan meningkatkan kinerja pegawai di Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 07 May 2015 16:08
Last Modified: 07 May 2015 16:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10835

Actions (login required)

View Item View Item