Susiyanti, Susiyanti and Achmad , Aminudin and Jarto , Tarigan (2015) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (KP2T) KABUPATEN KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-sus-FP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
|
Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-sus-FP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Di era otonomi daerah, seiring dengan tuntutan reformasi di sektor publik, peningkatan kualitas pelayanan menjadi harapan dari masyarakat luas. Otonomi daerah bertujuan untuk lebih mendekatkan dan menjadikan pelayanan publik menjadi lebih baik. Pelayanan perizinan merupakan salah satu tugas dan fungsi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kualitas pelayanan publik pada KP2T Kabupaten Kepahiang. Metode yang digunakan adalah Metode deskriptif kualitatif dengan data primer berupa hasil wawancara tak terstruktur, sedangkan data sekunder diambil dari dokumentasi dan catatan lapangan. Informan berjumlah 18 orang yang terdiri dari 6 orang penyelenggara pelayanan di KP2T Kabupaten Kepahiang dan 12 orang perwakilan dari masyarakat yang mengurus HO, IMB dan TDP di KP2T Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini mengacu pada kelima dimensi yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik yaitu: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelayanan perizinan belum mampu memuaskan para pelanggan dalam artian belum berkualitas. Dimensi yang paling mendesak untuk diperbaiki adalah dimensi tangible, kemudian emphaty, reliability, responsiveness dan assurance. Berdasarkan tujuan penelitian dan hasil penelitian, disarankan agar segera diadakan atau dibangun gedung kantor tersendiri untuk KP2T karena ini sangat mempengaruhi fasilitas sarana dan prasarana yang lainnya, menambah jumlah pegawai, mengadakan pelatihan-pelatihan untuk pegawai guna terwujudnya pelayanan prima, lebih disosialisasikannya mengenai keberadaan KP2T itu sendiri kepada lapisan masyarakat begitu juga tentang standar operational prosedur yang ada di KP2T Kabupaten Kepahiang, dan segera dilakukannya pelimpahan semua perizinan dan non perizinan yang ada diseluruh SKPD Kabupaten Kepahiang ke KP2T Kabupaten Kepahiang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 08 May 2015 08:52 |
Last Modified: | 08 May 2015 08:52 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10837 |
Actions (login required)
View Item |