IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM SATU MILIAR SATU KELURAHAN (SAMISAKE) DI KOTA BENGKULU (STUDI KASUS: KELURAHAN PADANG JATI, KECAMATAN RATU SAMBAN, KOTA BENGKULU)

Sukatno, Sukatno and Slamet , Widodo and Achmad , Aminudin (2015) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM SATU MILIAR SATU KELURAHAN (SAMISAKE) DI KOTA BENGKULU (STUDI KASUS: KELURAHAN PADANG JATI, KECAMATAN RATU SAMBAN, KOTA BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-suk-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-suk-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi kebijakan program Samisake di Kota Bengkulu dengan studi kasus di kelurahan Padang Jati, kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan program Samisake khususnya di kelurahan Padang Jati belum sesuai dengan harapan. Penyaluran dana belum sesuai dengan harapan para penerima dana atau masyarakat. tujuan utama untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat belum ada peningkatan pendapatan dan belum tercapainya kesejahteraan masyarakat. Perluasan kesempatan kerja dan penciptaan lapangan kerja baru belum tercapai. Begitu juga dengan peningkatan daya saing daerah juga belum terlihat, karena program Samisake baru dilaksanakan dan tahun 2014 merupakan tahun pertama pelaksanaan program Samisake. Terakhir, belum terciptanya penguatan ekonomi kerakyatan dengan pelibatan pemerintah kota, dunia usaha, dan peran serta masyarakat yang partisipatif. Pencapaian yang diharapkan belum sesuai dengan yang menjadi tujuan dari Perwal No. 27 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Dana Bergulir Samisake dan Perwal No. 28 Tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bergulir Samisake.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 08 May 2015 09:20
Last Modified: 08 May 2015 09:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10839

Actions (login required)

View Item View Item