LAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DAN KARTU TANDA PENDUDUK DI KECAMATAN KEPAHIANG BERDASARKAN PERDA NOMOR 02 TAHUN 2010

Stupeu, Oly and Hajar, G Pramudyasmono and Kahar , Hakim (2015) LAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DAN KARTU TANDA PENDUDUK DI KECAMATAN KEPAHIANG BERDASARKAN PERDA NOMOR 02 TAHUN 2010. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-oly-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-oly-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan layanan pembuatan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk di Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kabupaten Kepahiang berdasarkan Perda No. 02 Tahun 2010. Pelayanan publik adalah pemberian pelayanan atau melayani keperluan orang atau masyarakat atau organisasi lain yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang ditentukan dan ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada penerima pelayanan Peraturan Daerah (Perda) adalah peraturan perundang- undang yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan persetujuan bersama Kepala Daerah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tujuan metode penelitian deskrif kualitatif adalah untuk menggambarkan dan meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi bahkan berbagai fenomena yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : layanan pembuatan kartu keluarga dan kartu tanda penduduk di Kabupaten Kepahiang sudah sejalan dengan peraturan daerah kabupaten Kepahiang Nomor 02 Tahun 2010 tentang penyelenggara administrasi kependudukan dan sesuai berdasarkan prinsip-prinsip pelayanan publik yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Penyelenggaraan Aparatur Negara nomor 63/KEP.M.PAN/7/2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayan publik. Para petugas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan proses pelayanan kepada masyarakat dengan baik sehingga masyarakat yang dilayani dapat merasakan kenyamanan dan keamanan, kejelasan dan kepastian, dan keterbukaan. Masyarakat juga mendapatkan pelayanan yang ekonomis dan efisien dalam pembuatan kartu tanda pendudukan dan kartu keluarga. Perilaku petugas dinas kependudukan dan pencatatan sipil juga memiliki sifat yang ramah dalam melayani masyarakat. Dalam pembuatan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga di dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepahiang tidak ada hal-hal yang menghambat layanan pembuatan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga di Kecamatan kepahiang, Hanya saja masih ada sebagian dari petugas dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten kepahiang yang jarang ditempat. Hal ini ternyata menghambat bagi masyarakat yang hendak mengurus pembuatan KK ataupun KTP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 11 May 2015 09:58
Last Modified: 11 May 2015 09:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10844

Actions (login required)

View Item View Item