PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BENGKULU UTARA

Jusiati, Nosi and Achmad , Aminudin and Jarto , Tarigan (2015) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BENGKULU UTARA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-nos-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-nos-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan motivasi kerja pegawai terhadap kinerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara; dan (2) Mengetahui besarnya pengaruh komunikasi interpersonal dan motivasi pegawai terhadap kinerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian adalah pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara yang berjumlah 88 orang. Metode analisis data digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) Komunikasi interpersonal dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara yang dibuktikan dengan nilai t-hitung masing- masing variabel sebesar 4,506 dan 5,911 lebih besar dari t-tabel 2,326 (1%); dan (2) Nilai koefisien determinasi berganda (Adjusted R2) sebesar 0,560; bermakna bahwa variasi peningkatan kinerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara sebesar 56 % dapat dijelaskan oleh komunikasi interpersonal dan motivasi kerja, sedangkan sisanya 44 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, saran yang dapat dipertimbangkan adalah : (1) Seluruh pegawai, atasan langsung dan Pimpinan diharapkan untuk selalu menjaga, mempertahankan dan meningkatkan komunikasi interpersonal yang sudah berjalan dengan baik dan efektif di Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara. Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara diharapkan selalu melakukan komunikasi interpersonal guna mengkontrol, mengevaluasi pekerjaan, memberikan dorongan dan motivasi kerja kepada pegawainya; (2) Meningkatkan motivasi kerja pegawai untuk mencapai prestasi kerja yang tinggi dengan pemberian hak-hak pegawai dalam hal pemenuhan kebutuhan keamanan dan keselamatan kepada pegawai karena dimensi ini masih memperoleh nilai terendah, hal ini banyak kejadian kehilangan perlengkapan kendaraan yang dialami pegawai seperti helm dan sebagainya. Oleh karena itu, peningkatan keamanan perlu dilakukan seperti penambahan jumlah personil keamanan perlu dilakukan, mewajibkan setiap tamu yang masuk ke lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara untuk melapor ke kantor satpam, dan sebagainya; (3) Meningkatkan kepuasan kerja pegawai terutama berkaitan dengan kepuasan terhadap penataan ruangan kerja, pemberian tunjangan, dan hal-hal lainnya seperti melengkapi ruangan dengan penyejuk udara, pengaturan meja kerja dan sebagainya. Selain itu, pemberian tunjangan kepada pegawai sesuai dengan beban tugas ix pegawai. Hal ini agar menambah kepuasan pegawai sehingga dapat menciptakan kinerja yang lebih baik: (4) Mengembangkan dan membina hubungan baik, terbuka, saling mempercayai dan kerjasama saling menguntungkan antara sesama pegawai dan anggota organisasi lainnya, dengan menyatukan visi dan misi untuk mencapai tujuan bersama serta menghilangkan sifat-sifat sukuisme dan kedaerahan yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi; dan (5) Meningkatkan kemampuan pegawai dalam memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu dengan cara memberikan reward dan punishment tertentu bagi pegawai yang dapat melaksanakan dan pegawai yang tidak dapat melaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 11 May 2015 15:10
Last Modified: 11 May 2015 15:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10846

Actions (login required)

View Item View Item