KEBIJAKAN SD-SMP SATU ATAP : STUDI EVALUASI PENGELOLAAN SD-SMP SATU ATAP 43 SELUMA

Mahyin, Mahyin and Hajar , G Pramudyasmono and Achmad , Aminudin (2015) KEBIJAKAN SD-SMP SATU ATAP : STUDI EVALUASI PENGELOLAAN SD-SMP SATU ATAP 43 SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-mah-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-mah-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program, model pengelolaan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program SD-SMP Satu Atap 43 Seluma. Jenis penelitian ini adalah evaluatif dengan teknik analisis yang dipergunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif dengan langkah-langkah pengumpulan data, klasifikasi, analisis data, dan membuat kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan SD-SMP Satu Atap 43 Seluma sudah terlaksana sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan pengembangan, pengawasan dan pengendalian. Pengelolaan program pengembangan SD-SMP Satu Atap di tingkat kabupaten dan di tingkat sekolah juga sudah terlaksana dan berjalan sesuai dengan pedoman dan aturan yang ditetapkan. Model pengelolaan yang digunakan pada SD-SMP Satu Atap 43 Seluma adalah berdasarkan ketetapan dari Dinas Pendidikan yang pengelolaannya dilakukan melalui dua lembaga, yaitu SD dan SMP, dengan 2 kepala sekolah, satu kepala sekolah SD dan satunya lagi kepala sekolah SMP. Dalam pengelolaannya, untuk administrasi guru, pembelajaran, sarana dan prasarana, administrasi siswa dan hal-hal lainnya dilakukan secara terpisah, dan yang menyatu hanya bangunan atau ruang belajar saja. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program SD-SMP Satu Atap 43 Seluma adalah belum terpenuhinya standar isi, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar proses, penerimaan siswa baru dan standar sarana dan prasarana sesuai dengan kriteria minimal sistem pendidikan yang harus dipenuhi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia termasuk bagi sekolah SD-SMP Satu Atap. Berbagai kendala yang ada menjadikan SD-SMP Satu Atap 43 Seluma sulit memenuhi tujuan umum dari SD-SMP Satu Atap untuk mempercepat penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun dan meningkatkan mutu pendidikan dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 12 May 2015 10:20
Last Modified: 12 May 2015 10:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

View Item View Item