ANALISIS KOMPETENSI GURU BERSERTIFIKAT DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 ARGA MAKMUR (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Kordiah , Kordiah and Slamet , Widodo and Lipneldi, Lipneldi (2015) ANALISIS KOMPETENSI GURU BERSERTIFIKAT DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 ARGA MAKMUR (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-kor-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-kor-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru bersertifikat di SMK Negeri 2 Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara dalam melaksanakan tugas- tugasnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif analisis dengan pendekatan kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui pengamatan (observasi) secara langsung ke sekolah, melakukan wawancara dengan mengajukan pertanyaan kepada responden, angket, dan studi dokumentasi dengan mengumpulkan bahan-bahan dalam bentuk surat, angenda kegiatan dan foto- foto yang akan digunakan untuk kelengkapan informasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kompetensi pedagogik guru bersertifikat di SMK Negeri 2 Arga Makmur dalam melaksanakan tugasnya termasuk dalam kategori baik dengan persentase 67,5%. Terlihat dari perhitungan rata-rata dari sebaran data diperoleh 6 (15,%) butir pertanyaan termasuk dalam kategori sangat baik, 27 (67,5%) butir pertanyaan dengan skor tertinggi dalam kategori baik, dan 7 (17,5%) butir pertanyaan termasuk dalam kategori cukup. Kedua, kompetensi keperibadian guru bersertifikat di SMK Negeri 2 Arga Makmur dalam melaksanakan tugasnya termasuk dalam kategori baik dengan persentase 85%. Terlihat dari perhitungan rata-rata dari kompetensi guru bidang keperibadian di SMK Negeri 2 Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara, dari sebaran data diperoleh 2 (10%) butir pertanyaan termasuk dalam kategori sangat baik, 17 (85%) butir pertanyaan dengan skor tertinggi dalam kategori baik, dan 1 (5%) butir pertanyaan termasuk dalam kategori cukup. Ketiga, kompetensi sosial guru bersertifikat di SMK Negeri 2 Arga Makmur dalam melaksanakan tugasnya termasuk dalam kategori baik dengan persentase 65%. Terlihat dari perhitungan rata-rata dari dari sebaran data diperoleh 2 (10%) butir pertanyaan termasuk dalam kategori sangat baik, 13 (65%) butir pertanyaan dengan skor tertinggi dalam kategori baik, dan 5 (25%) butir pertanyaan termasuk dalam kategori cukup. Keempat, kompetensi profesional guru bersertifikat di SMK Negeri 2 Arga Makmur dalam melaksanakan tugasnya termasuk dalam kategori baik dengan persentase 86,67%. Terlihat dari perhitungan rata-rata dari dari sebaran data 13 (86,67%) butir pertanyaan dengan skor tertinggi dalam kategori baik, dan 2 (1,33%) butir pertanyaan termasuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 12 May 2015 13:57
Last Modified: 12 May 2015 13:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10854

Actions (login required)

View Item View Item