DAMPAK PERUBAHAN STATUS DESA MENJADI KELURAHAN DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN SELUMA (STUDI KASUS DI KELURAHAN TALANG SALING KECAMATAN SELUMA KOTA)

Romadhoni, Jeffy and Pribadi, Hasan and Jarto , Tarigan (2015) DAMPAK PERUBAHAN STATUS DESA MENJADI KELURAHAN DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN SELUMA (STUDI KASUS DI KELURAHAN TALANG SALING KECAMATAN SELUMA KOTA). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-jef-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-jef-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Adanya perubahan dari desa menjadi kelurahan menuntut adanya penyesuaian perangkat dari perangkat desa menjadi perangkat kelurahan karena dalam kedua sistem pemerintahan itu walaupun setara tetapi komponen-komponen yang ada dalam birokrasinya berbeda. Satu masalah yang dapat muncul dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat adalah kurang mampunya perangkat kelurahan yang baru untuk melayani masyarakat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peroses perubahan desa menjadi kelurahan dan dampak perubahan status desa di Kecamatan Seluma Kota. Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan metode survey dan metode analisis deskriptif, dimana metode survey tersebut merupakan penelitian dengan mengambil sampel dari suatu populasi dan observasi dan wawancara sebagai teknik pengambilan datanya. Informasi dari sebagian populasi, dalam hal ini sampel responden dikumpulkan langsung ditempat kejadian secara sistematis dengan tujuan untuk mengetahui dan meramalkan beberapa aspek tingkah laku dari populasi yang bersangkutan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa efesiensi waktu, efesiensi biaya, keterbukaan aparat, dan kondisi keamanan,kenyamanan pelayanan yang dilakukan aparat kelurahan Talang Saling telah dilakukan dengan baik. Walaupun masih banyak pelayanan yang belum dilaksanakan secara optimal. Sebaiknya untuk meningkatkan pelayanan di kelurahan Talang Saling, Lurah dan Masyarakat harus bekerja sama didalam: didalam menetapkan biaya administrasi maupun upah petugas didalam pengurusan surat-menyurat di Kelurahan, sebaiknya biaya disesuaikan dengan kemampuan masyarakat pada umumnya, agar masyarakat secara keseluruhan dapat menikmati pelayanan secara merata, mengajukan sarana dan prasarana kelurahan Talang Saling, baik gedung Kantor kelurahan, Puskesmas jalan sekolahan maupun prasarana lainnya, sehingga didengar oleh pemerintah dan pelayanan terhadap masyarakat dapat diberikan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 12 May 2015 14:58
Last Modified: 12 May 2015 14:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10857

Actions (login required)

View Item View Item