ANALISIS REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TENAGA GURU MELALUI JALUR TENAGA HONORER DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SELUMA

Ahmadi, Hendri and Slamet , Widodo and Kahar , Hakim (2015) ANALISIS REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TENAGA GURU MELALUI JALUR TENAGA HONORER DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-hen-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-hen-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pendataan tenaga honorer di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu pada tahun 2012 dan telah di tetapkan oleh BKN dan MENPAN pada bulan Oktober 2013 yang lalu. Dari hasil pendataan tersebut mayoritas tenaga guru honorer di lingkungan Kabupaten Seluma latar belakang pendidikannya adalah tamatan SLTA sederajat. Sedangkan untuk pertama kali diangkat menjadi fungsional guru harus memenuhi syarat-syarat diantaranya adalah kualifikasi akademik minimal S1 atau D.IV dan mempunyai sertifikat mengajar, serta latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang diampuh. Hal inilah yang mendasari penulis melakukan penelitian tentang Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Tenaga Guru melalui Jalur Tenaga Honorer di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Tenaga Guru Melalui Jalur Tenaga Honorer ini akan memenuhi kebutuhan organisasi di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif diskriptif dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Tenaga Guru Melalui Jalur Tenaga Honorer di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma tidak dapat memenuhi kebutuhan organisasi baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal itu terbukti dengan tidak terpenuhinya ke 4 aspek yang menjadi fokus penelitian yaitu Deskripsi Jabatan tenaga honorer, Spesifikasi jabatan tenaga honorer, Kualitas Tenaga Honorer, dan Kuantitas Tenaga honorer. Agar rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Tenaga Guru melalui Jalur Tenaga Honorer dapat memenuhi kebutuhan organisasi baik secara kualitas maupun kuantitas, maka penulis merekomendasikan sebagai berikut pertama ke 4 aspek tersebut dijadikan pendoman atau ukuran untuk melakukan rekrutmen, yang kedua bagi tenaga guru honorer yang masih berlatar belakang pendidikan SLTA sederajat supaya meneruskan pendidikan ke jenjang S1 yang sesuai dengan bidang pekerjaan, dan yang ketiga adalah bagi guru honorer yang sudah menyelesaikan pendidikan S1 tetapi ijazahnya tidak sesuai dengan bidang pekerjaan supaya mengikuti uji kelayakan dan kesetaraan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 12 May 2015 16:09
Last Modified: 12 May 2015 16:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10859

Actions (login required)

View Item View Item