PENGARUH APLIKASI TEKNOLOGI PLASMA LUCUT KORONA PADA PEMURNIAN MINYAK TRANSFORMATOR BEKAS TERHADAP PENINGKATAN TEGANGAN TEMBUS

Sulaiman, Sulaiman and Yuli , Rodiah and Ika, Novia Anggraini (2015) PENGARUH APLIKASI TEKNOLOGI PLASMA LUCUT KORONA PADA PEMURNIAN MINYAK TRANSFORMATOR BEKAS TERHADAP PENINGKATAN TEGANGAN TEMBUS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,-1-15, sul-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,Lamp, 1-15- sul-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Minyak transformator merupakan bahan yang sangat penting dalam proses penyaluran energi tenaga listrik. Minyak transformator yang berfungsi sebagai isolasi sering sekali terkontaminasi dengan unsur-unsur lain seperti debu yang mengandung partikel-partikel logam, karbon dan juga kandungan air yang dapat mengubah konfigurasi dari minyak transformator hingga dapat menurunkan tegangan tembus isolasi yang nantinya dapat membahayakan transformator yang sedang beroperasi. Untuk mengembalikan kualitas isolasinya, maka dilakukan percobaan meningkatkan kekuatan tegangan tembus isolasi minyak transformator bekas dengan cara memaparkan plasma lucutan korona dalam reaktor plasma dengan berbagai variasi dan kondisi untuk melihat konfigurasi tegangan tembus minyak transformator bekas. Reaktor plasma disupply dengan tegangan tinggi impuls yang dibangkitkan dengan menggunakan trafo flyback mulai dari 1 KV hingga 25,09 KV. Trafo flyback dipicu dengan drivers Zero Voltage Switching (ZVS) dengan frekuensi tinggi hingga mencapai 42,14 KHz. Paparan plasma lucutan korona dengan berbagai variasi dan kondisi pada permukaan minyak ini mampu menaikkan tegangan tembus isolasi minyak trafo bekas dari kekuatan tegangan tembusnya (breakdown voltage) yang hanya tinggal sebesar 16 KV menjadi 53,2 KV.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 13 May 2015 09:58
Last Modified: 13 May 2015 09:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item View Item