IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI DI DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN SELUMA

Faisal, Faisal and Fitriani, Fitriani and Kahar , Hakim (2015) IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI DI DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-fai-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-fai-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisa sejauhmana implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Seluma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui pengamatan (observasi), melakukan wawancara dengan mengajukan pertanyaan kepada responden, dan studi dokumentasi dengan mengumpulkan bahan-bahan dalam bentuk surat, agenda kegiatan dan foto-foto yang akan digunakan untuk kelengkapan informasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, tingkat kepatuhan terhadap kewajiban PNS di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Seluma termasuk dalam kategori baik. Tingkat kehadiran selama 8 bulan dari bulan Januari 2014 sampai dengan bulan Agustus tahun 2014 dengan adanya Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam kreteria sangat baik. Kehadiran pegawai Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Seluma dari bulan Januari 2014 sampai dengan bulan Agustus 2014 ditemukan data nilai rata-rata tingkat disiplin kehadiran pegawai adalah 95,60%, pada per bulan Agustus 2013 hanya 83,33%. Jadi tingkat disiplin kehadiran pegawai Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Seluma adalah termasuk kategori sangat baik. Kedua, , tingkat kepatuhan terhadap larangan PNS di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Seluma termasuk dalam kategori sangat tinggi, meskipun masih ada satu atau dua orang PNS yang kurang loyalitas terhadap pekerjaan dan tanggung jawabnya tersebut. Tetapi tidak mempengaruhi pencapaian sasaran kerja yang telah ditetapkan. Ketiga, untuk meningkatkan disiplin PNS yang diambil oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Seluma dalam Peningkatan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Daerah yaitu dengan adanya sanksi/tindakan secara tegas bilamana seorang PNS terbukti melakukan pelanggaran disiplin yang tujuan untuk memberikan efek jera dan shock terapi agar PNS yang lain tidak meniru atau melakukannya.dan juga agar tidak melakukan pelanggaran yang hukumannya lebih berat lagi. Keempat, tingkat kinerja pegawai di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Seluma selama tahun 2013 sampai dengan Agustus tahun 2014 dengan adanya Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya adalah dalam kreteria sangat berhasil jika menggunakan pengukuran melalui skala ordinal. Hal ini dibuktikan dengan jumlah persentase pencapaian target masing- masing kegiatan indikator sasaran kegiatan hampir semua 98%. Jadi dengan demikian kinerja program Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Seluma tahun anggaran 2013 adalah termasuk kategori sangat berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 13 May 2015 16:02
Last Modified: 13 May 2015 16:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10877

Actions (login required)

View Item View Item