PEMBUATAN ANIMASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN DISIPLIN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI (5-6) TAHUN BERBASIS DESKTOP DENGAN ADOBE FLASH CS5

Permana, Aditya Bayu and Diyah, Puspitaningrum and Nina, Kurniah (2015) PEMBUATAN ANIMASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN DISIPLIN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI (5-6) TAHUN BERBASIS DESKTOP DENGAN ADOBE FLASH CS5. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,-1-15, Adi-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,Lamp, 1-15- Adi-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Pemanfaatan bidang teknologi di dunia pendidikan telah membawa perubahan yang sangat besar tidak hanya dari segi persebaran informasi yang lebih efisien tetapi juga dari segi kualitas informasi itu sendiri. Hal ini tentu saja didukung oleh sarana/media yang digunakan untuk persebaran informasi tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan teknologi yang ada sebagai media yang bermanfaat di dunia pendidikan khususnya membantu para guru PAUD untuk menyampaikan informasi mengenai rambu-rambu lalu lintas kepada siswa PAUD agar lebih efektif dan efisien. Dalam menyusun penelitian ini, data yang didapat berasal dari hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka. Adapun metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Perancangan sistem Media Pembelajaran berbentuk animasi ini menggunakan UML. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran berbasis desktop yang menampilkan animasi-animasi rambu-rambu lalu lintas yang ditujukan untuk siswa PAUD. Untuk menguji kelayakan media pembelajaran ini digunakan metode white box, black box, dan angket. Hasil pengujian menunjukkan bahwa skor 3,50 termasuk dalam kategori sangat baik sehingga media pembelajaran ini layak dijadikan sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan rambu-rambu lalu lintas kepada siswa PAUD. Rambu yang mudah dikenali oleh anak PAUD adalah rambu larangan Parkir, rambu larangan masuk bagi sepeda dan rambu menyeberang jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 13 May 2015 15:18
Last Modified: 13 May 2015 15:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10878

Actions (login required)

View Item View Item