SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MENU MAKANAN SESUAI KEBUTUHAN GIZI UNTUK PENDERITA JANTUNG DENGAN METODE HARRIS BENEDICT DAN ALGORITMA GENETIKA

Rolita, Lisa and Desi , Andreswari and Rusdi, Efendi (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MENU MAKANAN SESUAI KEBUTUHAN GIZI UNTUK PENDERITA JANTUNG DENGAN METODE HARRIS BENEDICT DAN ALGORITMA GENETIKA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,Lamp, 1-15- lis-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,-1-15, lis-FT..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penderita penyakit jantung harus memperhatikan asupan makanan, terutama pengaturan protein, lemak, karbohidrat dan kadar garam. Penelitian ini akan dibangun sebuah sistem pendukung keputusan penentuan menu makanan sesuai kebutuhan gizi. Metode yang digunakan untuk menghitung kebutuhan gizi adalah metode Harris Benedict, dengan parameter yang mempengaruhi yaitu usia, berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, dan pekerjaan. Bahan makanan akan diberikan bobot untuk kemudian dihitung menggunakan algoritma genetika. Algoritma genetika digunakan untuk menentukan menu makanan yang memiliki nilai sama atau mendekati kebutuhan gizi penderita jantung. Pengujian sistem yang dilakukan menggunakan parameter algoritma genetika yaitu jumlah gen 10, jumlah kromosom 5, maksimum generasi 50, probabilitas Crossover 0,3 dan probabilitas mutasi 0.1 mendapatkan nilai rata-rata selisih total kalori yang dibutuhkan dengan total kalori kromosom terkecil. Sistem ini dibangun dengan bahasa pemrograman Java IDE Netbeans 8.0. Sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Waterfall dan Unifed Modelling Language (UML) sebagai perancangan sistem. Hasil akhir dari sistem ini adalah lima menu makanan yang memiliki nilai kalori yang terbaik dalam satu hari. Dari uji kelayakan sistem yang dilakukan menggunakan kuesioner didapatkan 85.5% untuk pengujian fungsional sistem, 89% pengujian antarmuka dan pengaksesan, dan 84.6% untuk pengujian manfaat sistem.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 15 May 2015 10:28
Last Modified: 15 May 2015 10:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10891

Actions (login required)

View Item View Item