IMPLEMENTASI METODE FUZZY STRING MATCHING MENGGUNAKAN ALGORITMA STRING MATCHING BITAP PADA APLIKASI PENCARIAN BERKAS DI KOMPUTER

Aprita, Sostri and Boko , Susilo and Desi , Andreswari (2015) IMPLEMENTASI METODE FUZZY STRING MATCHING MENGGUNAKAN ALGORITMA STRING MATCHING BITAP PADA APLIKASI PENCARIAN BERKAS DI KOMPUTER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,-1-15, sos-FT..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI-Lamp, 1-15- sos-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode fuzzy string matching dan algoritma Bitap ke dalam aplikasi pencarian berkas di komputer sehingga dapat mengetahui ketepatan pencarian dan efisiensi waktu pencariannya. Algoritma Bitap merupakan algoritma fuzzy string matching yang melakukan pencarian data berdasarkan kemiripan penulisan. Implementasi metode fuzzy string matching dan algoritma Bitap dalam aplikasi pencarian berkas di komputer yaitu dengan menerapkan persentase ketepatan pencarian, perhitungan level bit, shift-AND dan shift-OR. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Netbeans IDE 8.0. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah model sekuensial linier dan Unified Modeling Langauge (UML) sebagai perancangan sistem. Hasil penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi pencarian berkas menggunakan metode fuzzy string matching dan algoritma Bitap. Pengujian dilakukan pada jumlah bit 8, 16 dan 32 bit dengan persen error 0%, 10% dan 30% yang masing-masing menghasilkan jumlah error 0, 1 dan 2 karakter. Hasil pengujian dengan melakukan pencarian pada direktori yang sama menunjukkan bahwa kenaikan waktu proses CPU adalah linear terhadap besar jumlah bit dan persen error yang diinputkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 15 May 2015 16:22
Last Modified: 15 May 2015 16:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10898

Actions (login required)

View Item View Item