KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT PROPINSI BENGKULU (STUDI PADA PELAYANAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR)

Sari , Editia Nadia Puspita and Slamet , Widodo and Sugeng , Suharto (2015) KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT PROPINSI BENGKULU (STUDI PADA PELAYANAN BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-edi-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-edi-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan kantor SAMSAT Provinsi Bengkulu khususnya dalam pelayanan pengurusan bea balik nama kendaraan bermotor dan (2) Untuk menggambarkan faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dalam hal bea balik nama kendaraan bermotor di SAMSAT Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode analisis data digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) Pelayananan BBN- KB meliputi pelayanan BBN-KBI dan BBN-KB II. BBN-KB I yaitu layanan balik nama kendaraan bermotor untuk kendaraan baru, sedangkan BBN-KB II yaitu layanan balik nama kendaraan bermotor untuk kendaraan bekas atau untuk pergantian surat kepemilikan kendaraan bermotor kedua dan seterusnya. Pelayanan BBN-KBI dan BBN-KB II dilakukan dengan prosedur yang sama. Hal yang membedakan dalam pelayanan BBN-KB I dan BBN-KB II adalah persyaratan administratif. Standar waktu pelayanan yang dibutuhkan dalam pelayanan BBN-KB di Kantor Samsat Provinsi Bengkulu adalah kurang lebih sekitar 50 menit. Dalam pelayanan BBN-KB, hal pokok yang sangat mempengaruhi kelancaran kegiatan pelayanan adalah mengenai prosedur pelayanan, persyaratan-persyaratan kelengkapan dalam pengurusan BBN-KB, dan sarana dan prasarana pendukung pelayanandan (2) Hal-hal yang dapat menghambat kualitas pelayanan yang diberikan oleh SAMSAT Provinsi Bengkulu khususnya dalam hal pengurusan BBN-KB, antara lain:Bagi petugas dari anggota kepolisian terkadang adanya tugas lain di luar SAMSAT, Terkadang masih dijumpai terjadinya kerusakan pada alat penunjang sarana dan prasarana khususnya yang dari elektronik serta Tidak lengkapnya berkas-berkas persyaratan yang dibawa oleh wajib pajak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 15 May 2015 16:33
Last Modified: 15 May 2015 16:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10899

Actions (login required)

View Item View Item