ANALISA PENGARUH KESEJAJARAN DAN RUN-OUT PADA MESIN PERKAKAS TERHADAP KUALITAS GEOMETRI PRODUK YANG DIHASILKAN MESIN BUBUT CELTIC 14 DI SMK NEGERI 2 BENGKULU

Saktiawan, Geger and Eng, Hendra and Zuliantoni, Zuliantoni (2015) ANALISA PENGARUH KESEJAJARAN DAN RUN-OUT PADA MESIN PERKAKAS TERHADAP KUALITAS GEOMETRI PRODUK YANG DIHASILKAN MESIN BUBUT CELTIC 14 DI SMK NEGERI 2 BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,-1-15, geg-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,Lamp, 1-15- geg-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Karakteristik geometri suatu produk dikatakan ideal dimana komponen tersebut harus mempuyai klasifikasi sesuai dengan yang dikehendakki yaitu meyangkut dimensi yang teliti, bentuk yang sempurna, permukaan yang halus (Taufiq Rohim, 2001).Dalam pembuatan suatu produk tidaklah dapat membuat komponen sempurna karna banyak faktor yang mempengaruhinya seperti ketidak telitian mesin perkakas.Ketidak telitian mesin perkakas ini dapat berupa penyimpangan yang terjadi pada komponen-komponen yang ada pada mesin bubut tersebut seperti kesejajaran dan run-out. Untuk melihat pengaruh dari kesejajaran dan run-out terhadap kualitas produk maka dilakukan penelitian 2 mesin bubut Celtic 14 di SMK Negeri 2 Bengkulu.Pengujian kebulatan dilakukan dengan menggunakan standardISO dengan menggunakan dialindikator ,untuk pengukuran kekasaran dilakuka menggunakan TR 200 surface roughness tester, dan pengukuran dimensi menggunakan jangka sorong. Dari penelitian diproleh penyimpangan produk yang dihasilkan pada mesin bubut Bu 5 penyimpangan yang terjadi pada diameter mencapai 1.1mm, kebulatan 0.15mm dan kekasaran mencapai 3.860µm. Sedangkan mesin bubut Bu 13 penyimpangan yang terjadi untuk diameter 0.5mm, kebulatan 0.2mm, dan kekasaran = 1.797µm. Dari data hasil penelitian dapat dilihat bahwa ketelitian mesin perkakas sangat berpengaruh terhadap ketelitian geometri produk.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 18 May 2015 09:39
Last Modified: 18 May 2015 09:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item