ANALISA KESEJAJARAN SUMBUSPINDLE DENGAN GERAKCARRIAGE PADA MESIN BUBUT CELTIC 14 MENGGUNAKANDIAL INDICATORTM DI SMK NEGERI 2 BENGKULU

Diarto, Redi and Eng, Hendra and Hendri, Van Hoten (2015) ANALISA KESEJAJARAN SUMBUSPINDLE DENGAN GERAKCARRIAGE PADA MESIN BUBUT CELTIC 14 MENGGUNAKANDIAL INDICATORTM DI SMK NEGERI 2 BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,-1-15, red-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (699kB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,Lamp, 1-15- red-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Sebuah garis dinyatakan sejajar terhadap suatu bidang apabila diadakan pengukuran antara garis tersebut terhadap bidang pada beberapa tempat, maka perbedaan maksimum yang diperbolehkan tidak melampaui suatu harga tertentu. Pengukuran kesejajaran mesin perkakas adalah pengukuran antara dua bidang atau gerakan komponen – komponen mesin yang sejajar. Dengan tujuan untuk mengetahui nilai kesejajaran serta menerapkan ilmu pengetesan perkakas terhadap ketelitian geometrik mesin bubut, dilakukan pengujian kesejajaran sumbu spindel dengan carriage pada 14 mesin bubut celtic 14 yang ada di SMK Negeri 2 Bengkulu. Dengan menggunakan standar ISO 1708 G7 pengukuran dilakukan dengan menggunakan dial indicatorsebagai alat ukur dan mandrel test sebagai pengganti garis maya sumbu spindel menuju tailstock, dengan memberikan skala ukuran pada mandrel dengan panjang maksimal 300 mm. Dial indicator dijalankan diatas mandrel sehingga nilai yang didapat padaskala nonius (0.01 mm) adalah nilai penyimpangan kesejajaran yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 18 May 2015 10:34
Last Modified: 18 May 2015 10:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10911

Actions (login required)

View Item View Item