EVALUASI IMPLEMENTASI BADAN LAYANAN UMUM DI RSUD M YUNUS BENGKULU TAHUN 2014

Hadi, Asmara and Achmad , Aminudin and Panji , Suminar (2015) EVALUASI IMPLEMENTASI BADAN LAYANAN UMUM DI RSUD M YUNUS BENGKULU TAHUN 2014. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-asm-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-asm-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengevaluasi implementasi Badan Layanan Umum di Rumah Sakit Umum Daerah dr. M. Yunus Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian adalah seluruh pegawai pengelola rumah sakit yang terdiri dari kepala rumah sakit, bagian keuangan, staf pelayanan dan pasien (masyarakat) yang mengakses layanan rumah sakit. Metode penetapan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Informan penelitian yang dipilih adalah informan yang mengerti, memahami dan mengalami kondisi pelayanan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu. Metode analisis data digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : pertama RSMY secara garis besar cukup siap dan kondisi dapat melaksanakan BLUD. Kinerja RSMY secara umum (keseluruhan) dari sebelum BLUD ke BLUD menunjukkan trend yang baik. Berarti pihak RSMY telah berusaha memperbaiki kinerjanya sesuai dengan yang telah diamanatkan sebagai BLUD penuh serta telah melakukan berbagai upaya untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.Kedua, perubahan status menjadi BLUD telah mempengaruhi kondisi dan kinerja RSMY. Pengaruh baiknya RSMY berusaha untuk memperbaiki kinerja pelayanan, terdesak untuk bersaing secara sehat, ikatan kerjasama dengan pihak ketiga ditingkatkan, inovasi muncul, dan berbagai perspektif BSC diusahakan lebih baik. Pengaruh kurang baiknya kenaikan tarif; keinginan meraih pelanggan menengah atas dapat menjadikan personel kurang fokus dalam memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat tingkat bawah; ada berbagai peraturan gubernur yang kurang sejalan dengan kondisi RSMY sekarang sebagai BLUD; penyusunan laporan evaluasi belum sama dengan rumah sakit BLUD lain, bahkan di tingkat intern indikator belum sama sehingga menyulitkan dalam pengawasan, pengendalian, analisis, dan perbaikan. Ketiga, Sebagai BLUD masalah yang dihadapi RSMY antara lain keefektifan, keefisienan dan fleksibilitas masih terkendala, fleksbilitas belum benar- benar terlaksana karena terhambat oleh peraturan yang belum sejalan; alur administrasi / birokrasi yang rumit dan lama masih belum bisa diatasi secara tuntas; pelanggan kebanyakan berasal dari golongan menengah ke bawah; keramahan belum bisa diterapkan secara menyeluruh; evaluasi strategi dilakukan oleh bagian lain, bukan oleh bagian yang sama dengan yang melakukan perencanaan strategi, sehingga terkadang informasi kurang begitu tersampaikan secara utuh; sarana dan prasarana serta kuantitas tenaga masih kurang memadai

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 May 2015 10:14
Last Modified: 20 May 2015 10:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10935

Actions (login required)

View Item View Item