MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA BENGKULU)

Rahayu, Rahayu and Aliman, Aliman and Osa , Juarsa (2015) MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ayu-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (47MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-ayu-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (45MB)

Abstract

Tujuan umum penelitien ini adalah adalah mendeskripsikan manajemen peningkatkan kompetensi pedagogik guru Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bengkulu. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah Untuk Mendeskripsikan Manajemen Peningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bengkulu dalam hal : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) monitoring dan evaluasi (MONEV). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2, Wakil Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2, dan Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bengkulu. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dikembangka oleh Milles dan Huberman, Dalam analisis data ini terdiri dari empat komponen yaitu : a) Pengumpulan data (data collection), b) Reduksi data (data reducatio), c) Penyajian data (data display), dan d) penariakan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan hal sebagai berikut: Pertama, Perencanaan peningkatkan kompetensi pedagogik guru Ilmu Pengetahuan Sosial telah direncanakan sebelum di mulai ajaran baru kemudian kepala sekolah membuat tim yang melibatkan kepala Tata Usaha, wakil-wakil Kepala Sekolah serta seluruh Guru Ilmu Pengetahuan Sosial, Hasil dari perencanaan ini dilaksanakan pada awal tahun pelajaran dengan program kerja kepala sekolah yang meliputi: program umum, program kurikulum, program kesiswaan, program ketenagaan, program sarana prasarana, program keuangan, program ketata usahaan, program hubungan masyarakat, dan program supervisi.Kedua, Pelaksanaan kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bengkulu dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Ilmu Pengetahuan Sosial telah terjadwal meliputi: kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, kegiatan semester, kegiatan akhir tahun pelajaran, dan kegiatan awal tahun pelajaran. Kepala sekolah secara terus menerus mendorong semua guru agar mau dan ikhlas bekerja sehingga kompetensi pedagogik guru dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Ketiga, Kepala sekolah melakukan monitoring dan evaluasi dengan melakukan supervisi, yang meliputi: pemeriksaan administrasi PBM, kunjungan kelas, pemeriksaan sarana prasarana, periksaan administrasi tata usaha, pemeriksaan 8 k, pemeriksaan keuangan. Simpulan penelitian adalah : Perencanaan dan pelaksanaan peningkatan kompetensi pedagogik guru yakni dengan Pengembangan kurikulum, kesiswaan, ketenagaan, sarana/prasarana, keuangan, ketatausahaan, hubungan masyarakat dan Pengembangan monitoring, supervisi dan evaluasi akademik. Terobosan penyusunan kalender pendidikan, mengadakan pembagian tugas mengajar, menyusun jadual pelajaran, membentuk tim pengembangan perangkat silabus, RPP dan sistem penilaian KTSP, supervisi perangkat pembelajaran dan supervisi kelas, penyempurnaan silabus kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) untuk kelas XII dan kurikulum 2013 untuk kelas X dan XI, evaluasi daya serap dan target kurikulum, mensosialisasikan penilaian kinerja guru (PKG), melaksanakan supervisi akademik, dan workshop pengutan kemampuan guru. Monitoring dan Evaluasi terhadap pedagogik guru dilihat juga dari evaluasi hasil belajar siswa. Saran terhadap penelitian yaitu: 1) Kepala sekolah tidak bosan-bosannya meningkatkan kompetensi pedagogik guru Ilmu Pengetahuan Sosial maupun guru bidang studi lainnya. 2) Sebaiknya guru sebelum memulai pelajaran pada awal semester membuat perencanaan yang lengkap untuk satu semester. 3) Agar manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dilaksanakan secara berkelanjutan, oleh karna itu secara terprogram melaksanakan supervisi evaluasi terhadap kinerja guru-guru di sekolah. 3) Dengan mengembangkan kompetensi pedagogik, mengelola pembelajaran di kelas lebih kreatif, inovatif, dan inspiratif dapat mencapai tujuan guru Ilmu Pengetahuan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 May 2015 11:23
Last Modified: 20 May 2015 11:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10943

Actions (login required)

View Item View Item