EVALUASI KINERJA SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI 09 KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Elfiani, Febri and Manap , Somantri and Puspa , Djuwita (2015) EVALUASI KINERJA SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI 09 KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-feb-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (33MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-feb-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (36MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah “apakah Kinerja supervisi akademik Kepala Sekolah di SD Negeri 09 Kepahiang pada tahun pelajaran 2013/2014 sudah memenuhi standar kompetensi supervisi?”. Berdasarkan masalah tersebut maka permasalahan khususnya adalah sebagai berikut: (1) apakah kepala sekolah dalam perencanaan supervisi akademik sudah memenuhi standar kompetensi supervisi?, (2) apakah kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik sudah memenuhi standar kompetensi supervisi?, (3) apakah kepala sekolah dalam evaluasi supervisi akademik sudah memenuhi standar kompetensi supervisi? Tujuan khusus penelitian ini untuk mengevaluasi mengenai: (1) perencanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah,(2) pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah, (3) evaluasi supervisi akademik oleh kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi evaluatif, dimana subjek utama penelitian adalah Kepala SD Negeri 09 Kepahiang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala SD Negeri 09 Kepahiang belum seluruhnya terlaksana sesuai dengan indikator dari standar kompetensi yang seharusnya. Walapun demikian, kegiatan supervisi akademik ini terlaksana terus setiap tahun. Namun, keterangan dari kepala sekolah ini tidak didukung oleh dokumen yang relevan, sehingga peneliti menarik kesimpulan bahwa perencanaan ini tidak memenuhi standar kompetensi. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik belum sesuai dengan indikator-indikator pada standar kompetensi yang ada. Kepala SD Negeri 09 pada kondisi nyata memang melaksanakan kegitan supervisi akademik setiap tahun, namun Kepala SD Negeri 09 Kepahiang belum secara nyata membuat dokumen tertulis yang relevan maka penulis menarik kesimpulan bahwa kegiatan pelaksanaan supervisi akademik ini tidak memenuhi standar kompetensi.. Ketiga, kinerja kepala sekolah yang berkaitan dengan evaluasi supervisi yang memenuhi standar kompetensi dilaksanakan oleh Kepala SD Negeri 09 Kepahiang ada 2 indikator. Kedua indikator ini sesuai dengan standar kompetensi yang ada karena tidak hanya berdasarkan hasil wawancara dengan responden namun juga disertai dengan dokumen yang ada yaitu APKG 1 dan APKG 2. Saran penelitian adalah (1) kepada Kepala SD Negeri 09 Kepahiang agar membuat perencanaan program supervisi dalam bentuk dokumen tertulis sebagai pedoman pelaksanaan supervisi yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan agar kepala sekolah dapat melaksanakan supervisi akademik yang lebih terencana dan terarah guna meningkatkan kemampuan-kemampuan guru di sekolah, (2) kepada Kepala SD Negeri 09 Kepahiang agar dapat melaksanakan kegiatan supervisi akademik ini secara berkelanjutan baik dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dengan membuat perencanaan secara sistematis, (3) Kepala SD Negeri 9 Kepahiang hendaknya kegiatan supervisi akademik ini di masa yang akan datang diikuti oleh kegiatan evaluasi atau tindak lanjut dalam pelaksanaan supervisi akademik yang selalu dimonitor atau dipantau, kemudian hasil supervisi dievaluasi secara bersama, (4) kepada Kepala SD Negeri 09 Kepahiang agar membuat dokumen tertulis yang memuat semua standar kompetensi yang sebagai pedoman pelaksanaan supervisi akademik dan akan berguna untuk menentukan tindak lanjut dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 May 2015 15:58
Last Modified: 20 May 2015 15:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10946

Actions (login required)

View Item View Item