Hanifah, Hanifah and Ahmad , Fauzan and Lufri, Lufri and I , Made Arnawa (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS BERDASARKAN TEORI APOS (MPK-APOS). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Archive (Disertasi)
DISERTRASI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan penelitian pendahuluan, telah ditemukan bahwa proses pembelajaran Kalkulus belum berjalan/berlangsung secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS, dan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan rancangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) preliminary research, 2) prototyping phase, dan 3) assesment phase. Pada fase prototipe dilakukan formative evaluation yang terdiri atas tinjauan ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar. Data validitas dikumpulkan melalui kegiatan validasi oleh para ahli tentang Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS, Silabus, Satuan Acara Pembelajaran, Lembar Kerja dan Pengenalan Maple. Data praktikalitas dikumpulkan melalui pengisian angket kelayakan oleh: pakar, keterlaksanaan oleh pengamat, keprtaktisan Lembar Kerja oleh dosen dan mahasiswa. Data efektifitas dikumpulkan melalui pengamatan aktivitas mahasiswa, pengamatan kemampuan dosen mengelola Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS, angket motivasi, angket respon oleh mahasiswa, dan postes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil dari análisis data menunjukkan bahwa, Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Model Pembelajaran Kalkulus II Berdasarkan Teori APOS termasuk kategori valid, praktis, dan efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model MPK-APOS sejalan dengan pergeseran paradigma pendidikan yaitu berpindah dari pembelajaran yang terpusat pada dosen menjadi pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa. Implikasi penelitian ini adalah, teori APOS dapat diperkenalkan lebih luas pada dosen-dosen matematika untuk meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran. Untuk kelanjutan penelitian ini, kepada peneliti lain disarankan untuk mengembangkan pada matakuliah yang serupa untuk menemukan dampak dari teori APOS pada mata kuliah Kalkulus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 10:23 |
Last Modified: | 15 Jun 2015 10:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10957 |
Actions (login required)
View Item |