PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS VIII SMP N 2 SEBERANG MUSI KABUPATEN KEPAHIANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Indriati, Fitria and Didi , Yulistio and M. Arifin, M. Arifin (2014) PROBLEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS VIII SMP N 2 SEBERANG MUSI KABUPATEN KEPAHIANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-fit.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (565kB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-fit.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket untuk siswa, pengamatan proses belajar mengajar, dan wawancara guru pelajaran Bahasa Indonesia tentang pembelajaran membaca pemahaman. Data dianalisis dengan mentranskripsikan data, tabulasi data, perhitungan persentase, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problematika siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman kelas VIII SMP N 2 Seberang Musi Kabupaten Kepahiang tahun ajaran 2013/2014 mencangkup (1) aspek problematika siswa terhadap ketersediaan bahan bacaan, hasil yang diperoleh bahan bacaan yang diberikan guru 94% berasal dari buku pelajaran yang terdiri dari teks bahan bacaan berita, teks cerita pendek, teks cerita rakyat, teks opini, dan teks dongeng. (2) problematika siswa dalam proses pembelajaran membaca pemahaman, hasil kesimpulan yang diperoleh adalah sebagian besar siswa belum mampu memahami teks bacaan, kesulitan dalam memahami kalimat, kosa kata, dan paragraf ditunjukkan dari 50% siswa kurang memahami teks bacaan bahkan diantaranya sulit memahami teks bacaan dan berdasarkan hasil jawaban siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, 44% siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 07 Jul 2015 12:31
Last Modified: 07 Jul 2015 12:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10964

Actions (login required)

View Item View Item