Rijayawati, Rijayawati and Supadi, Supadi and Bambang , Djunaidi (2014) TINDAK TUTUR GURU DI KELAS V SD NEGERI 02 AIR BESI BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-rij.FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
||
|
Text
IV,V,LAMP,III-14-rij.FK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-rij.FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur yang digunakan guru pada proses belajar mengajar. Pendekatan penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Air Besi Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan rekaman video. Langkah-langkah analisis data sebagai berikut: 1) transkripsi data, 2) pengkodean data, 3) pengidentifikasian data, 4) pengklasifikasian data, 5) interpretasi data, 6) penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada belajar mengajar, guru menggunakan lima tindak tutur, yaitu tindak tutur representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi. Tindak tutur yang sering digunakan adalah tindak tutur representatif dan direktif. Tindak tutur representatif (menyatakan), (melaporkan), (menunjukkan), (menyebutkan) termasuk fungsi pemerian dan fungsi fatis. Tindak tutur direktif (menyuruh), (memohon), (menantang), termasuk fungsi regulasi atau fungsi direktif dan fungsi konatif. Tindak tutur ekspresif (memuji), (mengkritik), termasuk fungsi personal dan personal dan komisif (berjanji) termasuk fungsi instrumental, tindak tutur deklarasi (memutuskan) termasuk fungsi interaksi. Simpulan penelitian ini ialah bentuk tindak tutur yang digunakan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Air Besi Bengkulu Utara dalam proses belajar mengajar adalah representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi. fungsi bahasa yang terdapat pada lima tindak tutur yagn digunakan guru ialah fungsi pemerian, fatis, regulasi, direktif, konatif, personal, instrumental dan interaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 05 Aug 2015 11:08 |
Last Modified: | 05 Aug 2015 11:08 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10981 |
Actions (login required)
View Item |