DISKRIMINASI TERHADAP PEREMPUAN DALAM NOVEL MIDAH, SI MANIS BERGIGI EMAS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER : PENDEKATAN FEMINISME

Yanti, Widia Febri and Emi, Agustina and Yayah , Chanafiah (2014) DISKRIMINASI TERHADAP PEREMPUAN DALAM NOVEL MIDAH, SI MANIS BERGIGI EMAS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER : PENDEKATAN FEMINISME. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-wid.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-wid.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk sikap dan perilaku diskriminasi perempuan berdasarkan pendekatan feminisme sastra yang terdapat dalam novel Midah, Si Manis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer. Subjek penelitian ini adalah novel Midah, SiManisBergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer. Data analisis dengan teknik analisis dekriptif dan pendekatan feminisme sastra. Novel Midah, SiManisBergigiEmasmenceritakan tentang perjalanan hidup dan perjuangan tokoh Midah. Dalam perjalanan hidupnya, Midah banyak mengalami perlakuan dikriminasi. Hasil dari analisis pada novel Midah, SiManisBergigiEmasbahwa perlakuan diskriminasi yang termanifestasikan ke dalam berbagai bentuk, sikap dan perilaku yang diterima Midah tersebut adalah : (a) sikap pilih kasih, (b) kekerasan fisik dan psikis, (c) budaya patriarkhat, (d) subordinasi, (e) stereotype, (f) pelecehan seksual dan golongan kelas dua. Perlakuan diskriminasi di atas dominan pada novel Midah, SiManisBergigi Emas KaryaPramoedyaAnantaToer. Dari perlakuan diskriminasi tersebut, muncul reaksi perjuangan yang dilakukan tokoh Midah berupa perlawanan atau penolakkan terhadap tindakan diskriminasi yang diterimanya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 20 Aug 2015 15:33
Last Modified: 20 Aug 2015 15:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10993

Actions (login required)

View Item View Item