ANALISIS EVALUASI TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM PEMBANGUNAN PERDESAAN (STUDI PADA KEGIATAN PEMBANGUNAN JALAN DESA DI KECAMATAN LAIS KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Lubis, Arifuddin and Heri , Sunaryanto and Sunoto, Sunoto (2015) ANALISIS EVALUASI TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM PEMBANGUNAN PERDESAAN (STUDI PADA KEGIATAN PEMBANGUNAN JALAN DESA DI KECAMATAN LAIS KABUPATEN BENGKULU UTARA). Jurnal Ekonomi dan Perencanaan Pembangunan , 5 (2). pp. 1-10. ISSN 1979-7338

[img] Text (Article)
ANALISIS EVALUASI TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM PEMBANGUNAN PERDESAAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat partisipasi masyarakat terhadap program pembangunan perdesaan, khususnya program pembangunan jalan desa di Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Metode analisis yang digunakan untuk menggambarkan tingkat partisipasi masyarakat terhadap program pembangunan perdesaan dengan indicator keterlibatan dalam tahapan perencanan, pelaksanaan, menerima dan memanfaatkan hasil, dan pengawasan, penilaian, serta pemeliharaan hasil adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Skala Likert dengan 5 (lima) skala, yaitu sangat baik, baik, cukup baik, tidak baik, dan sangat tidak baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat keterlibatan masyarakat dalam tahapan perencanaan pembangunan dengan persentase 70,44% (kriteria baik), 2) tingkat keterlibatan masyarakat dalam tahapan pelaksanaan pembangunan dengan persentase 56,50% (kriteria cukup baik), 3) Tingkat keterlibatan masyarakat dalam tahapan menerima dan memanfaatkan hasil pembangunan dengan persentase 49,60% (kriteria cukup baik), 4) tingkat keterlibatan masyarakat dalam tahapan pengawasan, penilaian, serta pemeliharaan hasil pembangunan dengan persentase 39,43% (kriteria tidak baik) yang merupakan faktor dominan penyebab kerusakan jalan desa, dan 5) secara keseluruhan, tingkat partisipasi masyarakat dari keempat tahapan program pembangunan jalan desa dengan persentase 55,99% (kriteria cukup baik).

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Journal
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 29 Oct 2015 12:09
Last Modified: 29 Oct 2015 12:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11037

Actions (login required)

View Item View Item