Annisa, Febrina Nur and Putri , Suci Asriani and Melly, Suyanty (2013) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP MINUMAN TEH SIAP SAJI (READY TO DRINK)MEREK TEH BOTOL SOSRO DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.
Text (Thesis)
I,II,III,II-13-feb.FP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,IV,LAMP,II-13-feb.FP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Perusahaan akan memperoleh pelanggan yang banyak apabila dinilai dapat memberi kepuasan bagi pelanggan. Terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya, (a) memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang, (b) membentuk rekomendasi dari mulut kemulut yang menguntungkan perusahaan, dan (c) menciptakan loyalitas pelanggan. Faktor-faktor yang menentukan tinggi-rendahnya tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap suatu merek adalah kualitas produk dan pelayanan, harga, faktor emosional, kemudahan untuk mendapatkan produk atau jasa, serta atribut-atribut produk lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap Teh Botol Sosro dalam kemasan botol kaca di Kota Bengkulu. Hasil penelitian diharapkan dapat berguna sebagai masukan/informasi untuk pihak Produsen dan Distributor, khususnya bagian pemasaran di Kota Bengkulu dalam rangka merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumennya. Pemilihan merek Teh Botol Sosro didasarkan pada pertimbangan bahwa Teh Botol Sosro merupakan merek yang mendominasi pangsa pasar dan bertahan cukup lama. Ruang lingkup objek penelitian ini adalah konsumen Teh Botol Sosro di Kota Bengkulu. Pemilihan responden dilakukan pada empat lokasi, yakni (1) warung Bakso Solo 35, (2) Bakso Super 99, (3) pangsit Duh Emen, dan (4) warung pangsit TRIS Pantai Panjang. Pemilihan tempat ini didasarkan pada pertimbangan ramainya pelanggan dan variasi jenis minuman ringan yang disajikan lebih dari tiga jenis minuman ringan kemasan botol kaca. Dengan variasi ini diharapkan konsumen memiliki pilihan merek sebagai pembanding merek Teh Botol Sosro. Sementara ruang lingkup kajian meliputi analisis (1) karakteristik konsumen yang terdiri dari karakteristik demografi dan karakteristik pembelian, (2) tingkat loyalitas konsemen, dan (3) analisis tingkat kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan dengan metoda Survey. Validitas model diuji dengan uji Cocharn sedang reliabilitas instrumen/alat diuji dengan Hoyt. Hasil analisis menunjukan bahwa karakteristik konsumen Teh Botol Sosro didominasi oleh (a) laki-laki (58 persen), (b) umur sama atau dibawah 26 tahun (86 %),, (c) pendidikan yang ditamatkan setingkat SLTA (77 %), (d) pendapatan mencapai Rp 1000.000,- per bulan (63 %), (e) pengeluaran untuk minuman ringan tidak lebih dari Rp 25.000,- per bulan (81 %), dan (f) mahasiswa sebagai status pekerjaan yang dominan (67 %). Sementara hasil gambaran karakteristik pembelian konsumen adalah dominasi; (a) iklan televisi sebagai sumber informasi (66%), (b) toko/warung sebagai tempat pembelian (56%), (c) konsumsi 2-3 kali per minggu (27%), (d) keputusan pembelian yang tergantung situasi (49%) diikuti oleh pembelian yang tidak direncanakan (35 %), (e) pembelian atas inisiatif sendiri (68%),diikuti pengaruh iklan (18%). Lebih lanjut, hasil uji Cochran Q test menunjukan adanya 11 atribut merek berasosiasi membentuk citra produk Teh Botol Sosro.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 21 Oct 2013 20:44 |
Last Modified: | 21 Oct 2013 20:44 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1107 |
Actions (login required)
View Item |