ANALISIS PRODUKSI, PENDAPATAN, DAN EFISIENSI SERTA PEMASARAN USAHA TERNAK LEBAH MADU (Apis cerana) DI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG

Purwanti, Eiis and Irnad, Irnad and Apri , Andani (2013) ANALISIS PRODUKSI, PENDAPATAN, DAN EFISIENSI SERTA PEMASARAN USAHA TERNAK LEBAH MADU (Apis cerana) DI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,II-13-eii.FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,II-13-eii.FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Sektor pertanian di Indonesia saat ini masih sangat berpengaruh terhadap pembangunan Nasional. Hal ini dapat terlihat bahwa letak wilayah Indonesia adalah Negara yang agraris sehingga mayoritas bekerja dibidang pertanian. Salah satu sektor pertanian yang mampu membangun perekonomian di Indonesia adalah usaha ternak lebah madu. Luasnya areal pertanian, perkebunan dan kehutanan di Indonesia ini sangat berpotensi dalam membudidayakan lebah madu karena kita tidak mendapatkan kesulitan dalam pemberian pakan lebah madu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi madu di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, 2) mengetahui pendapatan dan efisiensi usaha ternak lebah madu di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, dan 3) mengetahui bentuk saluran dan marjin pemasaran madu di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Pemilihan lokasi dilakukan sengaja (purposive) yaitu di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Responden yang diambil dilakukan dengan metode sensus yaitu sebanyak 30 peternak. Sementara untuk mendapatkan data menegnai saluran dan lembaga pemasaran dalam penelitian ini menggunakan metode snowball sampling. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi madu menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglass yang kemudian diubah menjadi bentuk persamaan linier dan logaritma natural. Dalam menganalisis pendapatan digunakan persamaan pendapatan yaitu penerimaan dikurangi biaya dan untuk efisiensi usaha mengguanakan analisis R/C ratio. Kemudian untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran dilakukan dengan menggunakan analisis diskriptif dan untuk menghitung besarnya margin pemasaran madu pada masingmasing lembaga pemasaran dengan menggunakan margin pemasaran. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variable yang berpengaruh nyata terhadap produksi madu adalah jumlah koloni (stup) dan tenaga kerja. Sedangkan jarak rata-rata antar stup tidak berpengaruh nyata terhadap produksi madu dalam penelitian ini. Pendapatan rata-rata per tahun dari usaha ternak lebah madu ini adalah sebesar Rp. 3.145.667,014 dengan rata-rata R/C ratio adalah 5,12 yang menyatakan bahwa usaha ternak ini termasuk efisien. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran dengan total marjin pemasaran terbesar adalah Rp. 22.500/botol.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 21 Oct 2013 20:53
Last Modified: 21 Oct 2013 20:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item