PEMERTAHANAN BAHASA DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA BERBASIS ANALISIS KEBUTUHAN

Botifar, Maria (2015) PEMERTAHANAN BAHASA DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA BERBASIS ANALISIS KEBUTUHAN. In: Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, pp. 207-220. ISBN 978-602-8043-50-2

[img]
Preview
Text
22-Maria Botifar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (47kB) | Preview

Abstract

Gejala kepunahan dalam bahasa khususnya bahasa ibu menjadi alasan penting dalam pengajaran bahasa di sekolah. Upaya pemertahanan ini merupakan sikap bahasa yang diwujudkan dalam pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum bahasa yang berbasis pada analisis kebutuhan tidak hanya memfokuskan pada pengembangan kurikulum saja tetapi pada kebutuhan pembelajar. Analisis kebutuhan ini hadir dalam rancangan program pendidikan sejak tahun 1960 sebagai bagian dari sistem dan pendekatan dalam pengembangan kurikulum dan menjadi filosofi dari akuntabilitas pendidikan.Analisis kebutuhan dalam pengembangan kurikulum bahasa menjadikan kurikulum lebih bermakna. Mengingat bahwa pembelajar adalah orang yang paling bertanggunga jawab terhadap apa yang akan dipelajarinya. Untuk itu, sekolah harus mempertimbangkan pengembangan kurikulum bahasa yang berbasis kebutuhan pembelajar sebagai upaya pemertahanan bahasa.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 16 Dec 2015 12:23
Last Modified: 16 Dec 2015 12:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11127

Actions (login required)

View Item View Item