IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPUSAT MAHASISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERKELOMPOK PADA MATAKULIAH STRUKTUR DATA & ALGORITMA DI UNIVERSITAS BENGKULU

Hanifah, Hanifah (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPUSAT MAHASISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERKELOMPOK PADA MATAKULIAH STRUKTUR DATA & ALGORITMA DI UNIVERSITAS BENGKULU. In: International Seminar and Workshop Committee graduate Program State , 4-5 November 2015, Universitas Negeri Padang.

[img] Text (Proceeding)
Mak-Inter Implementasi model terpusat MHS 2012(1).pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Makalah dengan judul Pembelajaran Terpusat Mahasiswa dengan Model Pembelajaran Berkelompok pada Matakuliah Struktur Data & Algoritma di Universitas Bengkulu, adalah penelitian jenis ex post facto, yang mengungkapkan peristiwa yang telah terjadi dan kemudian menelusuri ke belakang dengan data yang ada. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Teknik Informasi FT UNIB TA 2008/2009, dan sampel adalah populasi yang menjadi teman penulis di facebook yang berjumlah 20 orang. Data untuk hard skill diperoleh dari dokumentasi dan diolah menggunakan prosentase, dan data soft skill diperoleh dari kuesioner skala model Likert dengan 5 pilihan yaitu: sangat tidak setuju (STS), tidak setuju (TS), ragu-ragu (RR), setuju (S), sangat setuju (SS). Data skala Likert di olah menurut pilihan terbanyak (mode) kemudian diprosentase. Kesimpulan yang diperoleh adalah: Pembelajaran terpusat mahasiswa pada matakuliah SDA dapat meningkatkan hard skill dimana 70, 21% mahasiswa mendapat nilai> = B. Ada sebanyak 69,41% mahasiswa menyatakan bahwa mereka setuju bahwa implementasi pembelajaran terpusat mahasiswa dengan model pembelajaran berkelompok pada matakuliah SDA dapat meningkatkan soft skill mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 05 Jan 2016 13:20
Last Modified: 05 Jan 2016 13:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item View Item