Hanifah, Hanifah (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA UNTUK MENDUKUNG MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS II BERDASARKAN TEORI APOS (AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA) MPK-APOS. In: pada Interrnational Seminar & Wortkshop On Educational & Design Research , September 2013, Universitas Negeri Padang.
Archive (Proceeding)
MAK- Intern Pengembangan LK-MPK-APOS.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul Pengembangan Lembar Kerja Untuk Mendukung Model Pembelajaran Kalkulus II Berdasarkan Teori APOS (MPK-APOS) merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja untuk Mendukung Model Pembelajartan Kalkulus II yang valid, praktis, dan efektif.. Fase-fase pengembangan Lembar Kerja sejalan dengan fase-fase pengembangan MPK-APOS yaitu menggunakan model yang dikemukakan oleh Plomp. Model umum pemecahan masalah bidang pendidikan yang dikemukakan Plomp terdiri dari fase investigasi awal ( prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi ( realization/construction), fase: tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan fase implementasi (implementation). Kegiatan yang dilakukan dalam merancang Lembar Kerja untuk mendukung MPK-APOS mengacu kepada Silabus Kalkulus II, SAP, dan Sintak pembelajaran yang diperoleh pada pengembangan MPK-APOS. Sintak yang diperoleh terdiri dari fase: Orientasi, Praktikum, Diskusi Kelompok, Diskusi Kelas, dan Latihan. Lembar Kerja yang dihasilkan berjumlah 14 LK, dan masing-masing LK terdiri dari:(1) Lembar Kerja Praktikum (LKP) yang memuat tabel-tabel berisi perintah-perintah MAPLE, dan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan jawabannya dalam kelompok kecil; (2) Lembar Kerja Manual (LKM) yang terdiri soal-soal Kalkulus dan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan jawabannya dalam kelompok kecil; (3) Lembar Diskusi Kelas yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan jawabannya secara klasikal oleh suatu kelompok; dan (4) Lembar Latihan. Dari ujicoba yang dilaksanakan, diperoleh kesimpulan bahwa MPK-APOS tidak akan efektif bila Lembar Kerja yang dirancang: (1) terlalu banyak memuat perintah atau pertanyaan sehingga tidak cukup waktu untuk menyelesaikannya; (2) pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sulit dipahami maksudnya; (3) jawaban dari pertanyaan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya; (4) dosen gagal memberikan scaffolding; dan (5) komputer atau listrik yang tersedia tidak mencukupi kebutuhan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 09:27 |
Last Modified: | 08 Jan 2016 09:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11144 |
Actions (login required)
View Item |