PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS II BERDASARKAN TEORI APOS (AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA)

Hanifah, Hanifah (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS II BERDASARKAN TEORI APOS (AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA). In: Makalah Konferensi Nasional Matematika XVII-2014, 11–14 Juni 2014, Surabaya.

[img] Text (Proceeding)
Makalah KNM-17 Pengembangan Model MPK-APOS (REVISI).pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus II Berdasarkan Teori APOS (MPK-APOS) merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mendapatkan Model Pembelajartan Kalkulus II yang valid, praktis, dan efektif.. Fase-fase pengembangan MPK-APOS adalah menggunakan model yang dikemukakan oleh Plomp 2013 yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) preliminary research, 2) prototyping phase, dan 3) assessment phase. Konstruksi model menggunakan model Joyce dan Weil (1992). Dari hasil pengembangan diperoleh MPK-APOS yang terdiri dari lima komponen yaitu: Sintak, Prinsip Reaksi, Sistem Sosial, Sistem Pendukung, Dampak Instruksional dan Dampak Pengiring. Sintak MPKAPOS terdiri dari fase: Orientasi, Praktikum, Diskusi Kelompok, Diskusi Kelas, dan Latihan. Salah satu sistem pendukung MPK-APOS adalah Lembar Kerja berbasis MPK-APOS. Untuk mendapatkan MPK-APOS yang valid, maka dilakukan uji validitas oleh 6 orang ahli. Produk yang divalidasi adalah: Buku MPK-APOS, Silabus, SAP, Lembar Kerja (LK), dan Pengenalan Maple. Rerata nilai validasi adalah 91.6 % dengan kategori sangat valid Untuk mengetahui kepraktisan MPK-APOS, dilakukan uji coba lapangan di Jurusan Matematika FMIPA UNIB. Nilai rerata kepraktisan MPK-APOS adalah 85,71 % dengan kategori sangat praktis. Untuk mengetahui efektifitas MPK-APOS, dilakukan uji coba efektifitas yang dilaksanakan di Jurusan Matematika FKIP UBH. Nilai rerata keefektifan MPKAPOS adalah 80.693% dengan kategori efektif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 08 Jan 2016 14:48
Last Modified: 08 Jan 2016 14:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11146

Actions (login required)

View Item View Item