UJI KEPRAKTISAN MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS II BERDASARKAN TEORI APOS (MPK-APOS)

Hanifah, Hanifah (2015) UJI KEPRAKTISAN MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS II BERDASARKAN TEORI APOS (MPK-APOS). In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA 2014, 1 November 2014, Padang.

[img] Archive (Proceeding)
Prosiding FMIPA UNP 2014.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus II Berdasarkan Teori APOS dikembangkan dengan menggunakan rancangan Plomp (2013) yang terdiri atas tiga tahap, yaitu: 1) preliminary research, 2) prototyping phase, dan 3) assessment phase. Konstruksi model menggunakan komponen model oleh Joyce dan Weil (1992). Dari hasil pengembangan diperoleh MPK-APOS yang terdiri dari lima komponen yaitu: Sintak, Prinsip Reaksi, Sistem Sosial, Sistem Pendukung, Dampak Instruksional dan Dampak Pengiring. Sintak MPK-APOS terdiri dari fase: Orientasi, Praktikum, Diskusi Kelompok, Diskusi Kelas, dan Latihan. Salah satu sistem pendukung MPK-APOS adalah Lembar Kerja (LK) Berbasis MPK-APOS. Untuk mengetahui kepraktisan MPK-APOS, setelah MPK-APOS dinyatakan valid oleh para ahli, dilakukan uji coba lapangan di Kelas A dan Kelas B Jurusan Matematika FMIPA UNIB. Untuk mengetahui kepraktisan MPK-APOS, maka data dikumpulkan melalui angket berikut: kelayakan penerapan MPK-APOS oleh ahli, Observasi keterlaksanaan MPK-APOS oleh pengamat, kepraktisan Lembar Kerja (LK) oleh dosen, dan kepraktisan LK oleh mahasiswa. Angket diolah menggunakan skala Likert. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai kepraktisan sebagai berikut: nilai Kelayakan Penerapan MPK-APOS = 91,94 % kategori sangat praktis, nilai Keterlaksanaan MPKAPOS = 92,63 % kategori sangat praktis, nilai LK oleh dosen = 76,49 % kategori praktis, nilai LK oleh mahasiswa = 76,63 %. Rerata nilai kepraktisan MPK-APOS = 84.42 % kategori sangat praktis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 08 Jan 2016 15:17
Last Modified: 08 Jan 2016 15:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11149

Actions (login required)

View Item View Item