PERBEDAAN SKOR DEPRESI ANTARA MAHASISWA TAHAPAN PREKLINIK DAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BENGKULU

Saputra , Imam Nafi Yana and Andri , Sudjatmoko and Zayadi, Zainuddin (2016) PERBEDAAN SKOR DEPRESI ANTARA MAHASISWA TAHAPAN PREKLINIK DAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BENGKULU. Project Report. FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BENGKULU , Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Peer Review)
PEER REVIEW 1.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Depresi dapat timbul akibat berbagai faktor baik internal maupuneksternal, seperti lingkungan pendidikan, hubungan antarteman, dan faktor dari dalam individu itu sendiri yang kurang mendukung. Mahasiswa tahapan preklinik dan tahapan klinik memiliki tugas dan tanggungjawab yang tersendiri dan dapat berpengaruh terhadap terjadinya depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan skor depresi yang bermakna antara mahasiswa tahapan preklinik dan tahapan klinik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu.Metode: Pada bulan Juni 2014 dilakukan penelitian deskriptif analitik denganpendekatan cross sectional. Data diambil dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa tahapan preklinik dan tahapan klinik. Kuesioner yang digunakan yaitu Beck Depression Inventory-II (BDI-II) untuk menilai skor depresi dan analisa datamenggunakan uji T.Hasil Penelitian: Terdapat perbedaan skor depreesi yang bermakna antaramahasiswa tahapan preklinik dan mahasiswa tahapan klinik (p= 0,001). Mahasiswa tahapan preklinik memiliki skor depresi lebih tinggi (15,35) daripada mahasiswa tahapan klinik (10,53).Simpulan: Terdapat perbedaan skor depresi yang bermakna antara mahasiswatahapan preklinik dan tahapan klinik, dimana mahasiswa tahapan preklinik memiliki skor depresi yang lebih tinggi daripada mahasiswa tahapan klinik. Perlu adanya penelusuran menyeluruh untuk mengetahui penyebab terjadinya skor pada mahasiswa tahapan preklinik lebih tinggi daripada tahapan klinik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty Of Medicine > Department Of Medical Science
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 21 Apr 2016 08:48
Last Modified: 21 Apr 2016 08:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item