PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MATERIAL ORGANIK, HEWAN POSTMORTEM DAN SINTETIK TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA KEDOKTERAN PADA TEKNIK PENJAHITAN JARINGAN KULIT

Zainuddin, Zayadi (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MATERIAL ORGANIK, HEWAN POSTMORTEM DAN SINTETIK TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA KEDOKTERAN PADA TEKNIK PENJAHITAN JARINGAN KULIT. Project Report. FAKULTAS Kedokteran Universitas Indonesia, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Peer Review)
PEER REVIEW 6.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknik penjahitan merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang dokter pada tingkat pelayanan kesehatan primer. Saat ini, media pembelajaran untuk keterampilan penjahitan banyak menggunakan material sintetik. Beragam hewan postmortem pada praktik kedokteran sudah digunakan sejak dahulu seperti ayam, sapi dan babi. Tidak sedikit juga yang telah menggunakan bahan organik seperti buah dan sayuran. Material yang hampir menyerupai anatomi manusia dianggap lebih baik karena mahasiswa dapat memperoleh pengalaman motorik dan sensorik seperti berhadapan dengan pasien sesungguhnya. Tujuan: Untuk membandingkan kemampuan mahasiswa pada teknik penjahitan jaringan dengan penggunaan berbagai media pembelajaran berupa bahan organik, hewan postmortem dan material sintetik. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental dengan desain randomized control trial dan post-test. Sampel dibagi secara acak menjadi 3 kelompok yang terdiri dari 12 mahasiswa untuk setiap kelompok. Instrumen penelitian menggunakan Suturing Global Rating Scale. Data dianalisis dengan uji statistik menggunakan program SPSS 13.00. Hasil: Tidak terbukti secara statitistik perbedaan antara pengunaan media sintetik, bahan organik dan hewan postmortem dalam mempengaruhi kemampuan mahasiswa pada teknik penjahitan jaringan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty Of Medicine > Department Of Medical Science
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 21 Apr 2016 08:59
Last Modified: 21 Apr 2016 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11267

Actions (login required)

View Item View Item