SISTEM REGULASI KREDIT MIKRO MITRA MINA (M3) KEPADA PEREMPUAN NELAYAN SEBAGAI PELAKU USAHA KECIL/MIKRO YANG BERKELANJUTAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Kontesa, Emelia and Nur , Sulistyo B. Ambarini and Paulus , Suluk Kananlua (2016) SISTEM REGULASI KREDIT MIKRO MITRA MINA (M3) KEPADA PEREMPUAN NELAYAN SEBAGAI PELAKU USAHA KECIL/MIKRO YANG BERKELANJUTAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN. Project Report. Program Studi Pascasarjana Ilmu Hukum, Fakultas Hukum UNIB, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Peer Review)
peer review 02.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan sistem regulasi penyaluran kredit mikro mitra mina (M3) yang berbasis masyarakat, berkelanjutaan dan berwawasan lingkungan serta berkeadilan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif-kualitatif, dengan menggunakan metode pendekatan sosiologi hukum. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, pengamatan terlibat, wawancara mendalam dan Focus Group Disscusion (FGD). Analisis data adalah kualitatif. Hasil-hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perempuan di wilayah pesisir Kota Bengkulu pada umumnya adalah ibu rumah tangga dan sebagian pedagang ikan, warung berskala kecil, yang bekerja untuk membantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangga, pendidikan rendah dan belum memiliki keterampilan wirausaha. (2) Penyaluran kredit dana PEMP melalui sistem kelompok pada periode inisiasi dan secara perorangan pada periode institusionalisasi dalam keanggotaan sebagai anggota Koperasi Bina Masyarakat Pesisir Kota Bengkulu; (3) Secara umum belum banyak perempuan yang dapat mengakses kredit mikro melalui Program PEMP, bahkan sebagai besar belum mengetahui adanya program tersebut terutama disebabkan aspek sosial budaya, adat dan agama, terutama budaya patriakhi yang masih menempatkan perempuan pada peran domestik, serta belum optimalnya pembinaan terhadap kaum perempuan di wilayah pesisir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Apr 2016 10:43
Last Modified: 28 Apr 2016 10:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11278

Actions (login required)

View Item View Item