PENGEMBANGAN MODEL PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEREMPUAN PELAKU USAHA PERIKANAN SKALA MIKRO DAN KECIL DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK

Ambarini, Nur Sulistyo B. and Emelia, Kontesa and Yayah , Chanafiah (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEREMPUAN PELAKU USAHA PERIKANAN SKALA MIKRO DAN KECIL DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK. Project Report. Program Studi Pascasarjana Ilmu Hukum, Fakultas Hukum UNIB, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Peer Review)
peer review 012.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendukung upaya pengentasan kemiskinan dalam masyarakat nelayan (pesisir). Secara khusus bertujuan merumuskan model perlindungan hukum bagi perempuan pelaku usaha mikro kecil bidang perikanan. Dengan adanya perlindungan hukum akan memberi peluang bagi perempuan pelaku usaha mikro kecil perikanan untuk mengakses fasilitas dan sumber-sumber produktif untuk mengembangkan usaha. Dengan berkembangnya usaha maka akan memberikan dampak pada peningkatan pendapatan keluarga atau masyarakat, sehingga dapat mendukung upaya pengentasan kemiskinan. Penelitian ini dilakukan selama dua (2) tahun. Metode penelitian penelitian menggunakan pendekatan penelitian hukum non doktrinal dalam ranah kajian socio-legal research. Pada tahun pertama (1) : merumuskan draft naskah akademik mengenai perlindungan hukum bagi perempuan pelaku usaha mikro kecil bidang perikanan; Tahun kedua (2): melakukan uji publik draft naskah akademik, melakukan penyempurnaan dan menyusun naskah akademik sebagai muatan materi Raperda mengenai perlindungan hukum bagi perempuan usaha mikro kecil bidang perikanan. Hasil yang diharapkan dalam penelitiannya adalah draft naskah akademik model perlindungan hukum bagi perempuan usaha mikro kecil, yang dapat memberikan sumbangan materi bagi penyusunan peraturan perundangan dan kebijakan mengenai usaha perikanan dan perlindungan nelayan kecil/tradisional yang responsif gender dan berwawasan lingkungan. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk menyelesaikan masalah-masalah strategis bangsa baik pada tingkat daerah maupun nasional, utamanya berkaitan dengan upaya pengentasan kemiskinan pada masyarakat pesisir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Apr 2016 10:51
Last Modified: 28 Apr 2016 10:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11288

Actions (login required)

View Item View Item