PENGARUH PELATIHAN INTERVAL INTENSITAS TINGGI TERHADAP DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI (FEV1, FVC DAN VO2 MAX) MAHASISWA TINGKAT I FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BENGKULU

Ambarsarie, Riry (2016) PENGARUH PELATIHAN INTERVAL INTENSITAS TINGGI TERHADAP DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI (FEV1, FVC DAN VO2 MAX) MAHASISWA TINGKAT I FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BENGKULU. Project Report. FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BENGKULU , Universitas Bengkulu.

[img] Text (Monograph)
LAPORAN PENELITIAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Latihan interval intensitas tinggi merupakan latihan kardio (kardio vaskular) atau yang sering disebut latihana erobik yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi (kapasitas maksimal 80 -90%) dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Latihan ini memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran yang lebih besardari program intensitas rendah tradisional1 .Latihan interval intensitas tinggi adalah salah satu latihan aerobic untuk membakar kalori dan meningkat kan kekuatan, daya tahan, dan kebugaran fisik. Pelatihan interval inidilakukan dengan interval yang tinggi selama 4 – 30 menit untuk latihan kardiovaskuler kemudian dilakuan bergantian dengan latihan intensitas rendah. Porsi melakukan latihan intensitas tinggi dan latihan intensitas rendah harus dilakukan dengan rentang waktu yang sama2. Belum adanya data tentanggambarankesehatan fisik khususnya sistem kardiorespirasi mahasiswa fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan Universitas Bengkulu maka diperlukan penelitian untuk mengoptimalkan penerapan latihan fisik yang tidak memakan banyak waktu dan bisa dilakukan di sela-sela kesibukan sebagai mahasiswa kedokteran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelatihan interval intensitas tinggi secara teratur terhadap perubahan daya tahan kardiorespirasi (FEV1, FVC dan VO2 Max) pada mahasiswa tingkat I fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan Universitas BengkuluPenelitianinimerupakanpenelitianeksperimental yang menggunakan rancangan secara acak dengan tes awal dan tes akhir dengan kelompok kontrol (Pre dan Post Test Control Group Design). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu sejumlah 36 mahasiswa, terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan sejumlah 18 mahasiswa dan 18 mahasiswa kelompok kontrol. Datadiolah menggunakan uji statistik dengan bantuan komputer menggunakanprogram SPSS 13.0 for Windows.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty Of Medicine > Department Of Medical Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jun 2016 09:50
Last Modified: 17 Jun 2016 09:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11382

Actions (login required)

View Item View Item