THE EFL TEACHERS’ PERCEPTION ON BUILDING UP INTERCULTURAL COMMUNICATIVE COMPETENCE IN THE CLASSROOM

Zayadi, Adetio and Alamsyah, Harahap and Dedi, Sofyan (2019) THE EFL TEACHERS’ PERCEPTION ON BUILDING UP INTERCULTURAL COMMUNICATIVE COMPETENCE IN THE CLASSROOM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi guru bahasa Inggris sebagai bahasa asing terhadap komunikasi lintas budaya di kelas, bagaimana mereka membangun kompetensi komunikasi lintas budaya di kelas dan menganalisa proses mengajar bahasa Inggris yang mereka laksanakan dalam perspektif prinsip – prinsip pembelajaran bahasa lintas budaya (ILL). Penelitian ini menggunakan strategi eksplanatori sekuensial metode campuran untuk mengungkap data berdasarkan fokus yang diformulasikan. Delapan belas guru bahasa Inggris terlibat sebagai koresponden untuk kuesioner sedangkan tiga guru bahasa Inggris terpilih sebagai partisipan untuk wawancara dan pengamatan. Mereka dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dari empat SMP di Gading Cempaka Bengkulu. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, kuesioner, wawancara, dan observasi dilakukan kemudian dianalisa lebih lanjut mengunakan model interaktif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa para guru EFL menganggap bahwa komunikasi antar budaya dan tujuan komunikasi antar budaya dalam mengajar bahasa Inggris adalah sangat penting. Selain itu, mereka sangat sering menerapkan metode atau pendekatan pengajaran lintas budaya melalui komunikasi antar budaya dalam mengajar bahasa Inggris, dan mereka sangat setuju dengan dimensi antar budaya dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Dalam membangun kemampuan komunikasi lintas budaya di kelas, guru – guru bahasa Inggris menyampaikan materi budaya atau kesadaran budaya, menginformasikan tentang perbedaan sikap dan budaya, memberikan topik penting seperti kehidupan dan rutinitas sehari – hari dan berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan budaya. Selanjutnya, guru – guru bahasa Inggris mampu menerapkan lima prinsip ILL dalam proses mengajar dalam berbagai aktivitas di kelas seperti mengajukan pertanyaan, berbicara bebas, saling memeriksa, membandingkan dan membedakan perbedaan budaya, pembelajaran kooperatif dan diskusi. Kata Kunci : Persepsi, Kompetensi Komunikasi Lintas Budaya, Pembelajaran Bahasa Lintas Budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:00
Last Modified: 08 Feb 2023 09:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11450

Actions (login required)

View Item View Item