THE SOCIETY OF SPECTACLE: CITAYAM FASHION WEEK AND THE HYPERREALITY ON SOCIAL MEDIA

Perdana, Dionni Ditya (2022) THE SOCIETY OF SPECTACLE: CITAYAM FASHION WEEK AND THE HYPERREALITY ON SOCIAL MEDIA. In: Bunga Rampai Riset Komunikasi. Zara Abadi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, pp. 74-91. ISBN 978-623-88319-6-8

[img]
Preview
Text
bunga rampai edisi 5.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya konten media sosial yang bertemakan Citayam Fashion Week. Fenomena sekelompok anak muda yang berkumpul di kawasan SCBD Jakarta dan membuat konten di media sosial yang menampilkan atraksi fashion show di penyebrangan jalan ini menarik perhatian masyarakat dari berbagai kalangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembentukan masyarakat tontonan (society of spectacle) terkait fenomena Citayam Fashion Week di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan ualitatif deskriptif dengan paradigma kritis. Metode analisis dilakukan dengan menggunakan analisis semiotika dari Roland Barthes dengan tujuan mengetahui bagaimana suatu tontonan dapat diciptakan melalui proses pemilihan tanda yang digunakan dalam teks. Dikaitkan dengan fenomena sosial, konsep mitos milik Barthes akan mampu menjelaskan bagimana mitos atau ideologi dominan yang dilanggengkan dalam penciptaan tontonan di media digital terkait Citayam Fashion Week. Temuan penelitian menujukkan bahwa Citayam Fashion Week merupakan bentuk kontradiktif dari realitas kehidupan remaja sebenarnya dan hal ini merupakan gambaran negatif dari budaya media yang dapat merusak cara berfikir remaja yang seharusnya lebih produktif justru menjadi konsumtif. Representasi yang ditunjukkan oleh Citayam Fashion Week merupakan bentuk perlawanan dari kelas sosial di Indonesia yang tidak mendapati ruang di layar kaca. Namun nyatanya pembentukan masyarakat tontonan yang ada juga disokong oleh kepentingan kapitalis dalam menjadikan Citayam Fashion Week sebagai pasar baru yang menjadi perantara penjualan produk dan tren konsumtif dalam fashion. Kata kunci: Citayam Fashion Week, Society of Spectacle, Hyperreality, Social Media

Item Type: Book Section
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:02
Last Modified: 13 Feb 2023 08:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11456

Actions (login required)

View Item View Item