GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PEDAGANG TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA KEJADIAN ORANG TENGGELAM AREA WISATA PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU

Hasanah, Fikrah Mardatillah and Ikhsan, Ikhsan and Yusran, Hasymi (2022) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PEDAGANG TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA KEJADIAN ORANG TENGGELAM AREA WISATA PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (LTA Keperawatan)
CD_KTI_FIKRAH_FIKS[1].pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya tenggelam bisa terjadi karena kecelakaan, baik langsung maupun faktor tertentu. Tenggelam memerlukan penanganan dan pertolongan segera. Tenggelam adalah penyebab kematian ketiga akibat cidera yang tidak disengaja. Hal ini terjadi karena beberapa faktor antara lain, kurangnya pengetahuan penyelamat tentang pertolongan pertama pada korban tenggelam, kurangnya sosialisasi tentang manfaat pertolongan pertama pada korban tenggelam dikalangan masyarakat termasuk pedagang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan keterampilan pedagang tentang pertolongan pertama pada kejadian orang tenggelam area wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan metode observasi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik snawball sampling.Hasil penelitian ini didapat tingkat pengetahuan pedagang lebih dari setengah (55%) dengan kategori baik dan tingkat keterampilan pedagang (53%) dengan kategori baik. Disarankan agar penelitian ini dapat menjadi referensi untuk mengetahui pentingnya pertolongan pertama pada kejadian orang tenggelam. Kata kunci : Pengetahuan pedagang, keterampilan pedagang, tenggelam, pertolongan pertama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Feb 2023 05:35
Last Modified: 22 Feb 2023 05:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11463

Actions (login required)

View Item View Item