KAJIAN ETNOFITOMEDIKA DI DESA TALANG JAWI, KECAMATAN PADANG GUCI, KABUPATEN KAUR, PROVINSI BENGKULU SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Yani, Ariefa Primair and Tiara, Nindia Trisna (2016) KAJIAN ETNOFITOMEDIKA DI DESA TALANG JAWI, KECAMATAN PADANG GUCI, KABUPATEN KAUR, PROVINSI BENGKULU SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Project Report. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu, Bengkulu.

[img] Archive (Peer Review)
KAJIAN ETNOFITOMEDIKA DI DESA TALANG JAWI, KECAMATAN PADANG GUCI, KABUPATEN KAUR, PROVINSI BENGKULU SEBAGAI SUMBER BELAJAR.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (854kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang kajian etnofitomedika yang dilakukan di desa Talang Jawi, kecamatan Padang Guci, kabupaten Kaur, propinsi Bengkulu. Identifikasi tumbuhan dilakukan di Kebun Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Bengkulu (UNIB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat desa Talang Jawi dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 4 Kaur berdasarkan penggunaan lembar kerja siswa (LKS) sebagai sumber belajar pada materi keanekaragaman hayati. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, eksplorasi dan uji kelayakan LKS. Tumbuhan yang ditemukan diidentifikasi dengan menggunakan buku-buku acuan. LKS dari hasil penelitian divalidasi oleh empat orang validator, yaitu dua orang dosen Pendidikan Biologi FKIP UNIB dan dua orang guru Biologi. Data jenis-jenis tumbuhan obat dianalisis secara deskriptif, LKS dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata per indikator dan hasil belajar dianalisis dengan ketuntasan klasikal. Hasil kajian etnofitomedika, diperoleh 48 jenis tumbuhan obat yang tergolong dalam 30 famili. Tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan sebagai obat berasal dari famili Solanaceae sebanyak enam spesies yaitu : Physalis angulata, Datur metel, Capsicum annum, Capsicum frutescens, Solanum lycopersicum dan Solanum torvum. Hasil uji kelayakan LKS yang dilakukan oleh empat orang validator menyatakan bahwa LKS valid, dengan nilai validasi rata-rata 3,61 dan dapat digunakan sebagai sumber belajar. Presentase ketuntasan belajar secara klasikal siswa adalah 89,6%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 24 Nov 2016 01:03
Last Modified: 24 Nov 2016 01:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11496

Actions (login required)

View Item View Item