PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN MULTIPLE INTELEGENCES SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING DAN MELALUI LESSON STUDY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 45 KOTA BENGKULU

Herman, Herman (2016) PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN MULTIPLE INTELEGENCES SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING DAN MELALUI LESSON STUDY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 45 KOTA BENGKULU. In: PROSIDING SNP 2015, 4 Mei 2015, Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Proceeding)
PROSIDING SNP 2015.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik dengan menggunakan strategi inkuiri terbimbing untuk mencapai tujuan pendidikan tematik di kelas III SDN 45 Kota Bengkulu dengan langkah Plan dari Lesson Study (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran tematik dengan menggunakan strategi inkuiri terbimbing revisi untuk mencapai tujuan pendidikan tematik di kelas III SDN 45 Kota Bengkulu setelah melaksanakan langkah do dari Lesson Study (3) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pembelajaran tematik menggunakan strategi inkuiri terbimbing di di kelas III SDN 45 Kota Bengkulu melalui langkah See dari Lesson Studi (4) Mengembangkan kecerdasan majemuk sisiwa setelah mengikuti pembelajaran tematik menggunakan strategi inkuiruiterbimbing revisi di di kelas III SDN 45 Kota Bengkulu melalui langkah see dari lesson studi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah lesson study setiap langkah plan do See terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap Plan, tahap pelaksanaan Do dan tahap ceck. Instrumen yang digunakan eterdiri dari lembar observasi guru dan siswa dan lembar tes tertulis dalam bentuk essay, data hasil belajar yang di peroleh di analisis secara deskriktif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada langkah plan do see awal di pero;eh rata rata skor aktivitas guru dalam upaya meningkatkan Multiple intelegencea adalah 29 dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan di langkah plan do see 1 dengan perolehan rata rata 35,5 masih dalam kriteria cukup dan meningkat pada plan do see II menjadi 40,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa dalam upaya meningkat multiple intelegences juga mengalami poeningkatan dalam tiap langkah plan do see nya, yaitu untuk aktivitas siswa di langkah plan do see awal diperoleh rata rata skor 29,5 denga kriteria cukup dan pada langkah plan do see I dengan rata rata skor 35,5 masih dalam kriteria cukup dan meningkat menjadi 38,5 pada langkah plan do see II dengan kriteria Baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 10 Nov 2016 02:02
Last Modified: 10 Nov 2016 02:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item