PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP DISPOSISI MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 45 BENGKULU UTARA

Zulianingsih, Noviarita and Nirwana, Nirwana and Saleh, Haji and Wahyu, Widada (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP DISPOSISI MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 45 BENGKULU UTARA. In: Conference On Mathematics, Science, And Education (COMSE 2017), December 21-23, 2017, Bengkulu, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Conference On Mathematics, Science, And Education (COMSE 2017))
2017_Prosiding Nasional COMSE_UNIB_PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah disposisi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional dengan mengontrol disposisi matematis awal peserta didik. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen (Eksperimen semu). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket peserta didik yang diberikan untuk melihat kemampuan disposisi matematika peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan disposisi matematis peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata disposisi kelas eksperimen yaitu sebesar 129,39 dengan nilai tertinggi 145 dan nilai terendah 110. Sedangkan pada kelas kontrol (pembelajaran konvensional) nilai rata-rata disposisi peserta didik adalah 98,82 dengan nilai tertinggi 120 dan nilai terendah 77. Simpangan baku pada kelas eksperimen 9,58 dan 9,84 pada kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih besar sehingga secara umum disposisi peserta didik dengan diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dari peserta didik yang diberikan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan disposisi matematis peserta didik SMP Negeri 45 Bengkulu Utara.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@unib.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:49
Last Modified: 01 Mar 2023 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11547

Actions (login required)

View Item View Item