KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Lestari, Asih and Padi, Utomo and Agus, Joko Purwadi (2018) KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI ASIH LESTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII 3 dan guru bahasa Indonesia kelas VII 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data mengenai keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru adalah pedoman wawancara dan lembar observasi yang ditujukan untuk guru yang akan diamati.Uji kredibilitas data melalui triangulasi serta teknik analisis data yaitu pengelolaan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu komponen yang telah dilaksanakan oleh guru adalah menyampaikan cerita, memvariasikan gaya belajar, dan menyinggung tentang tugas-tugas yang dilakukan siswa,memberikan kehangatan dan menunjukkan sikap antusias, menimbulkan rasa ingin tahu,menyampaikan garis besar pembelajaran,mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya,merangkum inti pokok pelajaran, mengkonsolidasi perhatian siswa pada masalah pokok pembahasan,mendemonstrasikan keterampilan, mengekspresikan pendapat, dan memberikan soal-soal.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran yang optimal yaitumenyampaikan cerita, memvariasikan gaya belajar, dan menyinggung tentang tugas-tugas yang dilakukan siswa,memberikan kehangatan dan menunjukkan sikap antusias, menimbulkan rasa ingin tahu,menyampaikan garis besar pembelajaran,mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya,merangkum inti pokok pelajaran, mengkonsolidasi perhatian siswa pada masalah pokok pembahasan,mendemonstrasikan keterampilan, mengekspresikan pendapat, dan memberikan soal-soal.Keterampilan guru yang belum dilakukan dengan optimal yaitumengaitkan materi dengan berita terkini, menggunakan alat peraga/media, mengandaikan persoalan, mengemukakan ide yang bertentangan, menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, membandingkan pengetahuan yang lama dan yang akan disajikan, dan mengaplikasikan ide baru. Kata kunci: keterampilan membuka pelajaran, keterampilan menutup pelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:02
Last Modified: 17 Mar 2023 07:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item