PENGARUH PENAMBAHAN NANOPARTIKEL ZNO YANG DISINTESIS MENGGUNAKAN CAPPING AGENT BAWANG PUTIH TERHADAP SIFAT KUAT TARIK DAN PERPANJANGAN PUTUS BIOPLASTIK DARI PATI UBI JALAR

Maryanti, Evi and Irfan, Gustian and Ilham, Bagaskara (2018) PENGARUH PENAMBAHAN NANOPARTIKEL ZNO YANG DISINTESIS MENGGUNAKAN CAPPING AGENT BAWANG PUTIH TERHADAP SIFAT KUAT TARIK DAN PERPANJANGAN PUTUS BIOPLASTIK DARI PATI UBI JALAR. In: Seminar Nasional Inovasi, Teknologi dan Aplikasi SeNITia 2018, 27 September 2018, Bengkulu, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Seminar Nasional Inovasi, Teknologi dan Aplikasi SeNITia 2018)
Evi-Prosiding SeNITiA 2018.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis bioplastik berbahan baku pati ubi jalar (Ipoema Batatas L.), gliserin dan nanopartikel ZnO serta mengetahui pengaruh penambahan nanopartikel ZnO sebagai filler terhadap sifat kuat tarik dan perpanjangan putus bioplastik. Nanopartikel ZnO yang disintesis menggunakan metode presipitasi dan menggunakan capping agent ekstraks air daging bawang putih dan dihasilkan nanopartikel ZnO memiliki kristalinitas baik dengan rata-rata ukuran kristal yakni 41nm. Bioplastik dengan metode Melt-intercalation menghasilkan bioplastik dengan transparansi yang semakin menurun seiring bertambahnya konsentrasi nanopartikel ZnO dan memiliki gugus fungsi yang mirip dengan bahan baku penyusunnya. Hasil uji sifat mekanik pada bioplastik dengan penambahan rasio massa nanopartikel ZnO 3:100 merupakan konsentrasi optimum dengan nilai kuat tarik sebesar 18,66 (N/mm2) dan perpanjangan putus sebesar 3,42 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 28 Mar 2023 05:03
Last Modified: 28 Mar 2023 05:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11660

Actions (login required)

View Item View Item