ESTIMASI PERSENTASE BUTA HURUF DI KABUPATEN MUKOMUKO DENGAN METODE ROBUST EMPIRICAL BEST LINEAR UNBIASED PREDICTION (REBLUP)

Hidayana, Rizki Apriva and Fachri, Faisal and Etis, Sunandi (2019) ESTIMASI PERSENTASE BUTA HURUF DI KABUPATEN MUKOMUKO DENGAN METODE ROBUST EMPIRICAL BEST LINEAR UNBIASED PREDICTION (REBLUP). In: Seminar dan Rapat Tahunan BKS PTN Wilayah Barat Bidang MIPA, 6-7 Juli 2019, Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Seminar dan Rapat Tahunan BKS PTN Wilayah Barat Bidang MIPA)
Prosiding SEMIRATA Unib 2019 -Paper ke-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Buta huruf adalah proporsi penduduk usia tertentu yang tidak dapat membaca dan menulis huruf latin atau huruf lainnya terhadap penduduk usia tertentu. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengoptimalkan data yang tersedia dengan menggunakan metode pendugaan area kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi persentase buta huruf di Kabupaten Mukomuko dengan metode Robust Empirical Best Linear Unbiased Prediction (REBLUP) dan membandingkan nilai MSE dari penduga langsung dengan penduga area kecil menggunakan metode REBLUP. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi persentase buta huruf, persentase keluarga miskin, persentase keluarga tanpa akses listrik, jumlah sarana kesehatan, jumlah penderita gizi buruk, jumlah kematian ibu saat melahirkan dan akses jalan. Analisis data yang digunakan yaitu pengecekan outlier pada data kemudian mengaplikasikan metode REBLUP serta menghitung nilai MSE. Hasil yang diperoleh yaitu nilai estimasi persentase buta huruf dengan menggunakan metode REBLUP dan menunjukkan bahwa nilai MSE penduga langsung jauh lebih besar dibandingkan penduga area kecil menggunakan metode REBLUP.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:59
Last Modified: 30 Mar 2023 02:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11670

Actions (login required)

View Item View Item