ANALYSIS OF STEAM TURBINE ISENTROPIC EFFICIENCY TYPE CONDENSATE 5U-GT 102 B IN PLANT UREA P-1 B GT-102 B, CASE STUDY IN PT. PUPUK SRIWIDJAJA- PERSERO PALEMBANG BY USING CCOMPUTER AIDED THERMODYNAMICS TABLE 3 (CATT3)

Puspawan, Angky (2017) ANALYSIS OF STEAM TURBINE ISENTROPIC EFFICIENCY TYPE CONDENSATE 5U-GT 102 B IN PLANT UREA P-1 B GT-102 B, CASE STUDY IN PT. PUPUK SRIWIDJAJA- PERSERO PALEMBANG BY USING CCOMPUTER AIDED THERMODYNAMICS TABLE 3 (CATT3). Rekayasa Mekanik, 1 (2). pp. 1-6. ISSN 2597-4254

[img]
Preview
Text (Rekayasa Mekanik)
11. Jurnal Rekayasa Mekanik Vol. I, No. 2, Oktober 2017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator utama yang memperlihatkan kemajuan bidang pertanian suatu negara dapat dilihat dari kemajuan industri pupuk ureanya. Di Indonesia, PT. Pupuk Sriwidjaja, selaku industri strategis penghasil pupk urea milik negara, ikut berperan dalam usahanya untuk meningkatkan kekuatan pertanian nasional. Oleh karena itu, PT. Pupuk Sriwidjaja terus berupaya untuk meningkatkan konsumsi pupuk urea nasional dengan cara terus berupaya meningkatkan kapasitas produksinya, melalui pengembangan peralatan penunjang. Salah satu peralatan penunjang yang sangat penting adalah turbin uap tipe condensate 5U-GT102 B yang difungsikan sebagai penggerak pompa sentripugal untuk menyuplai ammonia cair sebagai bahan baku urea. Pengambilan data dengan menggunakan data kondisi lapangan dan data kondisi spesifikasi peralatan turbin uap dan penyelesaian untuk memperoleh entalpi kondisi aktual dan kondisi spesifikasi dengan menggunakan perangkat lunak yaitu Computer Aided Thermodynamics Table 3 (CATT3). Setelah melakukan pengamatan dengan mengambil data kerja turbin uap yang ada di pabrik. PT. Pupuk Sriwidjaja selama operasi diperoleh nilai rata-rata efisiensi isentropik turbin uap sebesar 46,73%, dengan range 46,51-46,79%. Dari hasil perhitungan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa turbin uap yang digunakan di pabrik PT. Pupuk Sriwidjaja ini masih bekerja dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Journal
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:45
Last Modified: 30 Mar 2023 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item View Item