METODE PENERAPAN PIKO HIDRO SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK MANDIRI DALAM KOMUNIKASI PEMBANGUNAN BAGI MASYARAKATDI DAERAH TERPENCIL: STUDI KASUS BENGKULU

Budiarso, Budiarso and Warjito, Warjito and Dendy, Adanta and Dwi, Jaya F and Hardika, Widi S and Naldo, Naldo and Arius, K and Helmizar, Helmizar and Angky, Puspawan (2017) METODE PENERAPAN PIKO HIDRO SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK MANDIRI DALAM KOMUNIKASI PEMBANGUNAN BAGI MASYARAKATDI DAERAH TERPENCIL: STUDI KASUS BENGKULU. In: Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi 2017, 28 November 2017, FISIP, UI - Depok.

[img]
Preview
Text (Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi 2017)
26. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi 2017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB) | Preview

Abstract

Rural electrification (RE) adalah proses untuk menyediakan pelayanan mengenai kelistrikan di daerah terpencil (rural area). Masyarakat di daerah terpencil yang berprofesi mayoritas petani masih sangat membutuhkan listrik sebagai salah satu penunjang kehidupan. Dari hasil penelusuran dibeberapa negara berkembang teknologipikohidro direkomendasikan untuk RE. Teknologi turbin memiliki berbagai jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Studi ini mencoba mengkaji metode penerapan turbin piko hidro untuk elektrifikasi di daerah terpencil dengan mempertimbangan enam aspek, yaitu: off design, design, biaya investasi, portabilitas, pemeliharaan dan perawatan serta modularitas. Penerapan teknologi pikohidro merupakan bagian dari komunikasi pembangunan dimana teknologi atau gagasan baru yang tersebar dalam sebuah sistem sosial menyebabkan proses difusi inovasi. Elemen dalam proses penciptaan difusi memiliki tiga tahapan yaitu; mempelajari inovasi, pengadopsian, dan pengembangan jaringan sosial. Provinsi Bengkulu dipilih menjadi studi karena Bengkulu memiliki potensi energi air yang melimpah, namun dikategorikan sebagai daerah yang mengalami krisis energi. Dari hasil kajian, kabupaten Bengkulu Utara menjadi fokus pengabdian karena memiliki sumber energi yang air yang cukup bersih dan juga melimpah, tepatnya di desa Baturoto. Dari hasil kajian, jenis turbin yang cocok digunakan adalah waterwheel undershot (roda air langkah bawah) pada debit 100 liter/s dan dengan tinggi tekan 0.2 meter. Secara mekanikal, turbin yang dipasang mampu menghasilkan listrik ± 100 Watt dan dapat digunakan untuk menghidupkan lima lampu dengan daya 18 Watt. Sementara dari sisi komunikasi jenis media massa yang cocok digunakan sebagai alat difusi inovasi salah satunya adalah media massa luar ruang yaitu signage berupa papan informasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:11
Last Modified: 30 Mar 2023 05:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11690

Actions (login required)

View Item View Item