ANALISIS PELAKSANAAN PEREKRUTAN PANITIA AD HOC PEMILU LEGISLATIF 2014 (STUDI KASUS DI KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU)

Kasih, Dora Elia and Mirza, Yasben and Adityo, P Ramadhan (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PEREKRUTAN PANITIA AD HOC PEMILU LEGISLATIF 2014 (STUDI KASUS DI KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
BAB I, II & III.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)
[img] Archive (Thesis)
BAB IV & V.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan perekrutan panitia ad hoc pemilu legislatif 2014 (Studi Kasus Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu). Merupakan penelitian deskriptif dengan 18 informan tambahan dan 4 informan pendukung. Untuk menentukan jumlah informan tambahan digunakan teknik quota sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Fokus penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah pelaksanaan perekrutan penitia ad hoc pemilu legislatif 2014 dengan studi kasus di Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Pelaksanaan perekrutan yang dimaksudkan di sini adalah bagaimana mekanisme atau cara yang dilakukan oleh pihak KPU Kota Bengkulu dalam menjaring atau menyeleksi beberapa sumber daya manusia yang benar-benar mampu untuk diberdayakan dan bisa membantu pelaksanaan penyelanggaraan Pemilihan Umum Legislatif 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dilakukan analisis melalui tiga aspek penelitian beserta indikator-indikator. Yang pertama, Perekrutan yang adil dan terbuka : ilmu pengetahuan, keterbukaan (informasi dan teknis), dan tertib administrasi. Kedua, perlakuan yang adil bagi seluruh panitia : kepentingan umum, kesempatan yang sama, berdasarkan aturan dan sesuai proporsionalitas. Ketiga, mempunyai standar integritas yang tinggi : profesionalitas, jujur, akuntabilitas dan mandiri. Dari hasil penelitian dan analisis di atas bahwa pelaksanaan perekrutan panitia ad hoc pemilu legislatif 2014 di Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu sudah berjalan cukup baik. Seperti masih ada beberapa pernyataan yang menyatakan bahwa pelaksanaan ini sedikit bertentangan dengan aturan yang ada. Seperti halnya dengan aspek perlakuan yang adil, ditemukan beberapa indikasi yang mengarah kepada ketidakadilan terhadap kesempatan dan pemenuhan kebutuhan bagi para panitia ad hoc ini, dan masih ada beberapa hal lain yang harus dievaluasi secara cermat. Seperti yang sudah dijelaskan penulis di atas, bahwa pelaksanaan perekrutan ini sudah berjalan cukup baik akan tetapi perlu diadakannya evaluasi bersama terkait dengan beberapa permasalahan yang ada di dalamnya. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan maka penulis memberikan saran agar pihak KPU selaku penyelenggara pemilihan umum dapat berlaku adil dan memberikan penilaian secara objektif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 18 Apr 2017 08:20
Last Modified: 18 Apr 2017 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/11704

Actions (login required)

View Item View Item